!-- Header -->
Ekonomi Lumajang Politik & Pemerintahan Suara Desa

Cak Thoriq Ajak Prangkat Daerah Support TP PKK

LUMAJANG – Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengapresiasi kepada Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lumajang, atas Inovasi yang telah dibuat serta progresnya juga telah dirasakan oleh masyarakat.

Bupati mengucapkan terimakasih atas supporting dan partisipasi seluruh tim penggerak PKK dari tingkat Desa/Kelurahan sampai tingkat Kabupaten.

“Program-program nyata TP PKK saat ini mulai tumbuh dan berkembang, dari hal itu menjadi semangat untuk berikutnya bahwa program tersebut berinovasi dari problem yang kekinian,” kata dia saat memberikan arahan dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) TP PKK Kabupaten Lumajang Tahun 2021, bertempat di Gedung Panti PKK Kabupaten Lumajang, Rabu (17/2/2021).

Menurutnya yang lebih penting adalah partisipasi gerakan-gerakan yang diinisiasi dari bawah, karena itu menjadi kekuatan pendukung pemerintah. Seperti ada gerakan Jum’at pagi, gema setia dan kudu sekolah, dimana semua itu adalah gerakan yang motornya adalah para ibu-ibu TP PKK.

Cak Thoriq juga mengatakan, bahwa untuk menunjang suksesnya program yang dicanangkan TP PKK tersebut, dirinya mengharapkan agar Perangkat Daerah terkait, Camat dan pihak pemerintah desa memberikan dukungan, serta menjalin sinergisitas yang baik.

“Kita memberikan evaluasi terhadap kinerja TP PKK dari tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten. Secara umum sudah menggembirakan, karena supporting dari PKK ini dari tingkat Desa sampai Kabupaten memberikan kontribusi yang positif dan signifikan untuk progam-program unggulan (prioritas) kita seperti penurunan angka kemiskinan, peningkatan ekonomi dan pemberdayaan keluarga, “ ujarnya

Menurutnya, dengan langkah kebersamaan untuk mengoptimalkan program yang memiliki manfaat baik, maka akan menghasilkan sebuah nilai produktivitas yang positif serta bisa menyejahterakan masyarakat.

“Saya berharap Perangkat Daerah memberikan support (dukungan, red) terhadap PKK, yakni sinergi kebersamaan program itu bisa dilaksanakan dan ditata,” harapnya.

Agar berjalan dengan baik dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, Ketua TP PKK Lumajang Musfarina Thoriq (Ning Farin) dalam laporannya menjelaskan, bahwa TP PKK Lumajang merupakan organisasi yang mendukung dan membantu jalannya program Pemerintah Daerah.

“Tim Penggerak PKK sebagai penggerak pemberdayaan masyarakat dalam menangkap isu strategis yang ada di Kabupaten Lumajang dan dituangkan dalam program kegiatan dengan model program gerakan masyarakat yang lebih fokus dan multi efek,” jelas dia.

Dalam kesempatan tersebut, Ning Farin juga menerangkan, bahwa saat ini terdapat empat program inovasi dari TP PKK Kabupaten Lumajang, diantaranya Rumah Curhat Online, Pojok PKK, Pawon Urip dan Gerakan Sigap Stunting, Ibu dan Baduta Terdampingi atau GESSIT.

TP PKK: SAAT BUPATI LUMAJANG MEMBERIKAN SUPPORT KE TP PKK.ASH/RED

Pokja I TP PKK akan mengaktifkan kembali Rumah Curhat, yang dikonsep lebih aktif dan efektif menjadi “Rumah Curhat Online”, dan Pokja II TP PKK juga akan fokus pada pendampingan, fasilitasi dan promosi produk UKM agar bergeliat kembali melalui “Pojok PKK*, sebagai upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19

Kemudian, Pokja III TP PKK akan tetap mengajak masyarakat menjaga ketahanan pangan dan gizi keluarga, serta mengurangi dan memilah sampah plastik melalui gerakan ” Pawon Urip”, serta Pokja IV akan bergerak dengan GESSIT (Gerakan sigap stunting, ibu dan baduta terdampingi) sebagai upaya pendampingan pada keluarga dalm pencegahan stunting, kematian ibu, dan bayi di Kabupaten Lumajang. ASH-RED/KOM

Post Comment