!-- Header -->
Advertisement
Calon Siswa Masih Bisa Milih Luar Zonasi
Pendidikan dan Agama

Calon Siswa Masih Bisa Milih Luar Zonasi

LUMAJANG, PEDOMANINDO – Penentuan zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PBDB) SMPN  di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dimulai tahun ini.

“Dengan zonasi ini, maka siswa yang memiliki kemampuan akademik tidak menumpuk di sekolah kota yang dianggap sekolah favorit,” kata Bukasan, wakil Ketua Komisi D DPRD Lumajang, Minggu (2/7).

Dikatakan, yang dimaksud zonasi adalah berdasarkan daerah dimana calon siswa itu berada. Kalau di politik zonasi sama dengan dapil (daerah pemilihan).

Dia mencontohkan, misalnya si A berasal dari Kecamatan Kunir maka dia mendaftarkan diri di SMPN di Kunir. Pun dengan calon siswa yang tinggal di kecamatan Pasirian, Candipuro, atau kecamatan lainnya, maka mereka disarankan untuk memilih di zona yang sudah ditetapkan.

Tapi perlu diingat,calon siswa yang merasa mampu bisa tembus di sekolah favourit di luar zonanya, masih diperbolehkan memilih di sekolah itu. Hanya saja hasil tes nanti nilainya dikurangi antar zona itu.

“Tes masuk kan tetap masih berlaku.Begitu pula dengan hasil nilai UN. Kalau anaknya merasa mampu, nilai tes masuknya bagus, nilai UN nya juga tinggi, bisa jadi dia lolos di sekolah favourit di luar zonan itu,” ujarnya.

Sistem PPDB dengan menggunakan aturan zonasi itu sudah final dan diundangkan. FIK