Advertisement
!-- Header -->
Lumajang Politik & Pemerintahan

Dewan Lumajang Peduli ODGJ

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman mengunjungi rumah warga ODGJ di Desa Padang dan Desa Barat. RED

LUMAJANG – Supratman adalah Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang yang sejak dulu memperhatikan dan peduli kondisi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Makanya dia selalu mengunjungi secara langsung ke rumahnya, termasuk ke rumah warga ODGJ di Desa Padang dan Desa Barat, Kecamatan Padang, Kamis (26/5/2022).

“Aksi sosial ini memang sudah basic saya sebelum menjadi anggota dewan. Sekarang, tentu saya akan maksimal dalam memberikan perhatian dan perlakuan kepada warga yang keterbelakangan mental,” ungkapnya.

Kata Supratman, apa yang dia lakukan merupakan tindakan nyata semata-mata ibadah, dan yang terpenting bagi siapapun yang mengurus ODGJ harus sabar.

“Mengurus ODGJ memerlukan kesabaran. Yang benar benar sabar dan ikhlas. Karena mereka juga mahluk ciptaaan Allah. Jadi tidak ada perbedaan dalam memberikan perlakuan,” kata politisi dari PDI Perjuangan yang pernah studi banding penanganan ODGJ ke Kabupaten Lamongan ini.

“Alhamdulillah kami mendapatkan ilmu dari Lamongan, sorang petugas polisi yang meluangkan waktunya mengurus ODGJ. Itulah yang menbuat ketertarikan kami memberikan hal yang sama kepada ODGJ,” pungkasnya.
Supratman berjanji akan terus siap membantu bahkan dalam pemenuhan kebutuhan hidup penderita.

“In Sya Allah saya akan terus bantu kebutuhan mereka di sini. Misalnya pakaian dan kebutuhan perlengkapan mereka sesuai kemampuan,” tuturnya.

Menurut dia, keluarga ODGJ ini tidak menghendaki perawatan dan mereke berjanji tetap menyayangi ODGJ layaknya manusia normal. RED

Post Comment