!-- Header -->
Fastastis! B29 Akan Digerojok Dana Trilyunan
Pariwisata

Fastastis! B29 Akan Digerojok Dana Trilyunan

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Puncak B-29 Lumajang dijadikan sebagai salah satu dari 10 titik destinasi wisata, yang lebih dikenal dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas. Ini sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Dengan kata lain, kawasan B-29 dan sekitarnya dikelola seperti pulau Batam, yang kewenangannya di bawah Badan Otorita.

Berkaitan dengan hal itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lumajang, Drs. Aziz Fachrurrozi, MM, menjelaskan, telah ditandatangani kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding/ MoU) antara Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Kabupaten Lumajang, di Ruang Sapta Taruna Kementerian PUPR,  pada Senin (29/5/2017) lalu.

Selain itu, juga telah diitanda tangani perjanjian kerja sama antara Direktorat Teknis terkait di lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan Asisten Deputi Pengembangan Destinasi dan Indusrii Pariwisata Kementerian Pariwisata  RI dan Dinas Teknis di Pemerintah Kabupaten Lumajang dan daerah terkait lainnya.

Kawasan B-29 termasuk wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS) yang nantinya, akan dialihkan kewenangannya di bawah Badan Otorita. Kawasan sekitarnya, seperti Desa Argosari dan Ranupane juga akan dikembangkan menjadi destinasi wisata. Sarana dan prasarana terutama jalan menuju obyek wisata tersebut segera dibangun. Sejumlah Home-Stay, akan dipersiapkan guna mengantisipasi melonjaknya pengunjung, terutama wisatawan manca negara.

Hebatnya, Pemerintah Pusat menyediakan dana cukup fantastik, yakni mencapai trilyunan yang akan dikelola oleh Badan Otorita yang akan dibentuk. ORI