!-- Header -->
Galeri Komunitas Lumajang Peristiwa

Galeri Keris Arya Wiraraja Didirikan

LUMAJANG – Peletakan batu pertama pembangunan Galeri Keris Arya Wiraraja Lumajang, digelar di Tempeh Lumajang. Acara peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Ketua DPRD Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin. Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan dan potong tumpeng.

Dalam prakatanya, Pendiri Galeri Keris Arya Wiraraja, Istianah SH, menyampaikan, galeri ini bertujuan untuk melestarikan benda-benda cagar budaya, khususnya pusaka.

“Disamping itu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama pelajar untuk mengetahui tentang benda-benda pusaka”, ujarnya via telpon, Minggu.

Galeri ini berisi benda-benda pusaka seperti keris, tombak, dan benda pusaka lainnya. Selain dihadiri oleh Ketua DPRD Lumajang hadir juga para tokoh masyarakat, kiai, masyarakat sekitar, budayawan, Camat Tempeh, perwakilan dari Danramil, dan lainnya.

GALERI KERIS : Peletakan batu pertama pembangunan Galeri Keris Arya Wiraraja Tempeh Lumajang oleh ketua DPRD Lumajang Anang Akhmad Saifuddin. NDY

Saat ini pembangunannya masih selesai sekitar 50 persen. Menurut Istianah, biaya pembuatan Galeri Keris Arya Wiraraja berasal dari pribadinya. Belum ada pihak sponsorship. “Kita memang tidak melibatkan pihak lain. Meski demikian, kalau ada pihak lain atau sponsorship yang akan berpartisipasi tidak akan kami tolak”, paparnya.

Sementara itu, Anang panggilan karib Anang Akhmad Syaifuddin, menyampaikan, galeri Keris Arya Wiraraja diharapkan menjadi “Pagar Betis” peradaban kuno Nusantara, khususnya karya-karya Empu Lamajang.

Agar galeri tersebut bermanfaat kepada masyarakat dan para pelajar sebagai penerus bangsa, dia menyarankan agar digelar event berkaitan dengan pusaka sesering mungkin. NDY

Post Comment