!-- Header -->
Advertisement
Gedung Bekas Kantor Karesidenan Besuki Rusak Berat
Pariwisata Peristiwa

Gedung Bekas Kantor Karesidenan Besuki Rusak Berat

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Bekas Kantor Karesidenan Besuki, Situbondo, Jawa Timur, kondisinya memprihatinkan/ rusak berat. Padahal, bangunan yang diperkirakan berdiri hampir 200 tahunan lebih ini dinilai sebagai salah satu benda cagar budaya yang masih berdiri.

Pantauan media ini, kerusakan terjadi hampir merata. Di bagian depan, tiang-tiang ukuran besar terkelupas, jendela-jendela di pinggir kiri depan, pintu depan hilang sehingga tak bisa dimasuki oleh siapapun, bagian atap jika dibiarkan beberapa bulan kedepan bisa runtuh.

Yang paling rusak parah bangunangedung bagian belakang. Beton penyanggah ada yang sudah runtuh, bagian atas (lantai 2) baik bagian kiri dan kanan juga terlihat mulai keropos dimakan usia dan tunggal menunggu waktu akan ambruk. Pintu masuk di bagian belakang, pun sudah tidak ada tergantikan tembok beton. Sementara kondisi tembok bangunan bagian kiri juga terlihat seperti sengaja dirusak perlahan-lahan.

RUSAK PARAH : Terlihat gedung eks Kantor Karesidenan Besuki Situbondo Jawa Timur, yang mengenakan dan menunggu hancur. DIN

“Sebagian lagi runtuh.Tempat ini kini menjadi tempat kelelawar. Dulu burung walet. Ini merupakan bekas Karesidenan Besuki. Luasnya 50 x 30 meter,” ujar Halil, Gurun Syakira (Guyub Rukun Masyarakat Besuki Sejahtera) yang selama ini getol bergerak di bidang pelestaian cagar budaya.

Gedung eks Karesidenan Besuki ini berada di Jl.Raya Besuki dekat Polsek Kota. DIN