Advertisement
!-- Header -->
Ekonomi Lumajang Peristiwa Politik & Pemerintahan

Gerbas Tani Bisa Jadi Agenda Rutin

Advertisement

LUMAJANG – Cak Thoriq, Bupati Lumajang, membuka kegiatan GERBAS TANI (Gerakan Belanja Sayuran di Lahan Petani), di Desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Sabtu (23/7/2022).

GERBAS TANI digelar selama 3 hari. Dimulai 23-25 Juli 2022. Ini merupakan salah satu upaya pemerintah desa bersama petani dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Dengan begitu, petani dapat berinteraksi langsung dengan pembeli, sekaligus menjadikan pembelajaran bagi petani dalam beragribisnis dan menjadikan desa agrowisata.

Cak Thoriq menyampaikan, gerakan belanja sayuran di lahan petani merupakan ide yang menarik dan cemerlang karena inovasi dan orisinil dari Desa Kedungrejo.

“GERBAS TANI ini mereknya Desa Kedungrejo, dari waktu ke waktu harusnya menjadi kegiatan yang semakin hari semakin baik, mulai dari bagaimana menata/mengelola petani, sampai mekanisme jual-belinya masyarakat kepada petani yang ada di GERBAS TANI,” ujarnya dalam sambutannya,

Menurutnya, gerakan tersebut harus lebih dikuatkan lagi untuk varian dari sayur yang ditanam, sekaligus juga mengatur pengunjung supaya bukan hanya sekedar belanja sayuran saja, namun ada pilihan untuk bisa belanja di stand-stand UKM yang ada.

Cak Thoriq berpesan kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang untuk memfasilitasi kegiatan tersebut, sehingga ke depannya bisa menjadi agenda rutin.

“Ini unik dan betul-betul inovasinya hadir dari masyarakat Desa Kedungrejo. Kalau ini terus menjadi merek dan identitasnya Desa Kedungrejo, ini akan bisa menjadi kegiatan yang bernilai tambah, tidak hanya sekedar petani dan pembelinya, tetapi masyarakat disekitarnya,” pungkasnya. PUT-KOM

Post Comment