Advertisement
!-- Header -->
Komunitas Pendidikan dan Agama

GUSDURIAN SALURKAN ZAKAT KORBAN ABRASI DI TPI

Advertisement

LUMAJANG – Gusdurian Peduli Kabupaten Lumajang, Jum’at (22 Mei 2020), membagikan zakat kepada korban abrasi, di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) area Pesisir Pantai Tempursari yang terjadi pada 8 Mei 2020. Dalam aksi pedulinya, mereka bekerja sama dengan Forum Komunikasi Santri Lumajang (FKSL) Nurul Jadid.

“Ada 100 paket zakat yang kita distribusikan kepada masyarakat terdampak. Ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada masyarakat. Terima kasih kita juga kepada #orang baik yang sudah mempercayakan serta menunaikan zakatnya pada kami di Gusdurian Peduli Lumajang”, ujar Koordinator Gusdurian Peduli Lumajang, Muhammad Riski Rama Duta.

Abrasi yang terjadi di TPI berdampak pada 45 rumah warga rusak dan Gedung TPI yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Sebagian warga setempat yang rumahnya sudah tidak bisa dihuni, sementara dievakuasi ke rumah saudara atau rumah warga setempat yang masih aman dan jauh dari batas air laut.

GUSDURIAN BAGIKAN ZAKAT : GUSDURian Kabupaten Lumajang, saat di Tempursari. RED

Tim Relawan Gusdurian Peduli yang bertempat di Perumahan Grand Zamzam Imperial Lumajang, melakukan perjalan menuju lokasi tersebut. Dibutuhkan waktu lebih dari 3 jam menuju lokasi, karena akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Tempursari dan Kecamatan Pasirian, belum selesai direnovasi setelah 4 tahun yang lalu rusak karena abrasi air laut.

Dia menjelaskan, kondisi masyarakat di area Pesisir Pantai Tempursari sangat memprihatinkan. Selain harus kehilangan mata pencaharian yang dilakukan dengan membuka tempat makan, mereka juga harus rela kehilangan rumah tinggal untuk saat ini.

Sumiati warga terdampak abrasi, sangat berterima kasih atas disalurkannya zakat ini. “Saya sangat berterima kasih kepada para relawan yang sudah susah payah mengantarkan zakatnya kepada kami, warga Pesisir Pantai Tempursari,” tuturnya. RED

Post Comment