!-- Header -->
H. Rofik : Perbaiki Infrastruktur dan SDM Untuk Mendongkrak Perekonomian Masyarakat Lumajang
Ekonomi Politik & Pemerintahan

H. Rofik : Perbaiki Infrastruktur dan SDM Untuk Mendongkrak Perekonomian Masyarakat Lumajang

LUMAJANG, PEDOMANINDONSIA.com – “Pembangunan dan perbaikan infrastruktur seperti jalan dapat mendongkrak perekonomian suatu daerah”, ungkap H. Rofik SH, MH, saat acara seminar dan bedah buku berjudul “Masa Depan Kabupaten Lumajang, Kajian Dasar Pembangunan Daerah” kemarin.

Menurut Aba Rofik, panggilan karibnya, perbaikan infrastruktur  menjadi prioritas dalam pembangunan Lumajang, kemudian  sumber daya manusia (SDM).

Buku yang ditulis oleh Aba Rofik tersebut berisi data informasi (Lumajang dalam angka). Ini sebuah hal penting untuk diketahui semua lapisan masyarakat Kabupaten Lumajang.

Selain itu, buku tersebut banyak berisi kata-kata ilmiah yang perlu pemahaman.

Aba Rofik, dalam paparannya juga menyinggug soal perbaikan SDM. Perbaikan SDM sangat menunjang peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). dari segala aspek.

“IPM itu adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia. Jika hal itu ditingkatkan, maka semuanya akan mengikuti perbaikan segala pembangunan,” ungkapnya.

Buku ini ditulis Aba Rofik semasa dirinya masih menjabat sebagai anggota DPRD Propinsi Jatim. Dikatakan, pertumbuhan dan pendapatan per kapita masyarakat Lumajang masih rendah. Padahal potensi Kabupaten Lumajang ini sangat besar, seperti sektor pariwisata.

“Tapi, kenapa masih ada sekitar 300 ribu warga miskin. Hal itu karena ada yang keliru dalam tata kelola. Ditambah pendidikannya rendah, kesehatan dan daya belinya  rendah, sumber daya nya rendah”, ujarnya. Bahkan Kabupaten Lumajang, 80 persen berada pada zona merah. SYAM