!-- Header -->
Lumajang Pendidikan dan Agama

Hewan Qurban Lumajang Menurun, UD Firmansyah Siap Tampung Kulit Hewan Qurban

LUMAJANG – Menjelang Hari Raya Idul Adha 2020 yang jatuh pada Jumat (31 Juli 2020/ 10 Dzulhijjah), umat muslim seluruh dunia menyembelih hewan qurban (sapi, domba, kambing), termasuk di Indonesia. Menyembelih hewan qurban merupakan salah satu anjuran dalam ajaran Islam (sunnah yang diutamakan).

Dengan kata lain, ibadah qurban dianjurkan bagi setiap umat muslim yang mampu secara finansial dan tidak terlilit utang, merdeka, dan berakal sehat.

Di Kabupaten Lumajang, pandemi Covid-19 tidak menyurutkan kaum muslim berqurban, meskipun hewan qurban yang disembelih tidak sebanyak tahun – tahun sebelumnya.

Contohnya di Pemkab Lumajang. Dari data yang ada, jumlah sapi qurban yang masuk ke bagian Kesra sebanyak 3 ekor dan kambing 30 ekor. “Sedangkan sebelumnya ada 6 ekor sapi dan 50 ekor kambing. Waktu itu yang disembelih di Alun-Alun sebanyak 3 ekor. Saat ini kita tidak menyembelih di Alun-alun karena covid-19. Tiga ekor kambing kita serahkan ke Masjid Agung Anas Mahfudz, Lazisnu, dan Lazismu”, ujar H. Mahfud, Kabag Kesra Pemkab Lumajang, via WhatsApp, Kamis (30 Juli 2020) petang.

TERIMA KULIT : UD. Firmansyah menerima kulit hewan qurban. RED

Sementara itu, pihak UD Firmansyah, sebuah unit usaha bidang perkulitan hewan ternak (sapi, kambing, domba) di Lumajang, memprediksi tahun ini ada penurunan jumlah hewan qurban yang disembih karena Covid-19.

“Sepertinya jumlahnya bakal menurun karena covid-19. Meskipun menurunnya tidak terlalu drastis,” ungkap Deddy Firmansyah, salah satu keluarga UD. Firmansyah lewat selulernya.

UD. Firmansyah sendiri sudah puluhan tahun menjalankan usaha bidang perkulitan dan dipercaya para pelaku dunia perkulitan. Bahkan, setiap Idul Adha para pengepul maupun perorangan, menyetor/ menjual kulit 3 hewan qurbannya ke UD. ini.

“Kita dipercaya pelanggan puluhan tahun. Idul Adha tahun lalu saja ada 1.500 lembar kulit sapi dan 30 ribu kulit domba/ kambing yang disetor ke kami, UD. Firmansyah. Soal harga, untuk kulit sapi perkilogramnya Rp. 5 ribu, kambing kacang 15 ribu, dan kambing gibas Rp 28 ribu”, ungkapnya.

UD. Firmansyah berada di Jl. Pattimura No. 32 Pasar Baru Lumajang ini,
No. Telpon 0334-883006. Bagi masyarakat Lumajang yang kesulitan menjual kulit sapi, domba, dan kambingnya bisa dijual/ disetor ke UD tersebut setiap hari.

“Bisa perorangan atau pengepul. Kami siap menerimanya”, imbuhnya seraya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan ini. RED

Post Comment