!-- Header -->
Ekonomi Lumajang Politik & Pemerintahan

IKM DILATIH MEMBUAT KEMASAN PRODUK YANG BAIK

LUMAJANG – Pemerintah Kabupaten Lumajang memberikan pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi tenaga kerja masyarakat, di Aula Pertemuan Hotel Lumajang, Kamis (16 Juli 2020). Tujaannya adalah memberikan wawasan kepada pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) mengenai kemasan produk yang baik dan menarik. Tema yang diusung “Pelatihan Packaging Produk Industri Kecil dan Menengah”.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang, Ir. Hairil Diani, menyampaikan, pelatihan packaging produk bertujuan untuk memberikan wawasan agar IKM di Lumajang dapat mengetahui dan membuat design kemasan produk yang lebih baik dan menarik. Dikatakan, design kemasan (packaging) sangat penting dalam suatu tampilan produk. Sehingga produk-produk dari IKM di Lumajang, mempunyai kualitas yang lebih bagus dan mampu bersaing dengan produk-produk lainnya.

“Pemkab Lumajang, melalui Dinas Perdagangan, akan memberikan arahan untuk memperbaiki design kemasan dari produk IKM yang ada di Lumajang. Degam begitu ada nilai jual yang lebih serta mampu bersaing di pasaran,” ungkap Hairil, panggilan karibnya.

Yang diundang dalam pelatihan tersebut adalah IKM yang berbasis pengolahan pangan dan minuman, serta kelompok tani (Poktan) yang mengolah produksi beras organik dan non organik. Mereka diberikan materi teknik pengenalan kemasan dan labeling dengan baik, serta penggunaan bahan kemasan yang perlu diperhatikan pada setiap kemasan produk yang akan dipasarkan.

Dia mengimbau kepada semua peserta untuk mengikuti pelatihan secara serius, sehingga setiap IKM dapat memiliki kemasan produk yang laku di pasaran, menarik konsumen. “Diharapkan, para IKM sudah mampu dan mempunyai design kemasan yang lebih baik dan produknya laku di pasaran setelah pelatihan,” ungkapnya berharap.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, pihaknya menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Seluruh peserta dan panitia mengenakan masker, menerapkan pshycal distancing, melakukan periksaan suhu tubuh dan mencuci tangan dengan sabun sebelum masuki ruang kegiatan.”Kita tetap memperhatikan protokol kesehatan”, tuturnya. RED

Post Comment