!-- Header -->
Ini Golongan Penyebab Keuangan BPJS Kesehatan Berdarah-Darah
Kesehatan Peristiwa

Ini Golongan Penyebab Keuangan BPJS Kesehatan Berdarah-Darah

JAKARTA – Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menjelaskan penyebab keuangan BPJS Kesehatan selalu tekor. Menurutnya, kategori Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) yang membuat keuangan BPJS Kesehatan berdarah-darah.

“Yang relatif mampu. Inilah yang sebenarnya sumber membawa BPJS Kesehatan defisit. Karena dia mendaftar (BPJS Kesehatan) saat sakit, dan begitu sudah sembuh dia berhenti bayar premi,” terang Mardiasmo dilansir dari kompas.com, Jakarta, Senin (7/10).

Mardiasmo menambahkan, kelompok PBPU ini berjumlah 29 juta orang dan hanya 50 persen yang membayar iuran rutin setiap bulannya.

“Dalam asuransi yang bagus itu kan no premi, no klaim. Jadi ini yang menyebabkan BPJS (Kesehatan) bleeding,” ujar Mardiasmo.

Parahnya, rata-rata golongan PBPU tersebut memiliki penyakit yang masuk golongan katastropik atau penyakit yang perawatannya membutuhkan biaya yang tinggi.

“Kalau masyarakat desa tidak akan membuat defisit. Yang (kategori) jelita yang membebani jadi defisit,” lanjutnya.

Total peserta BPJS Kesehatan saat ini mencapai 223 juta orang. Defisit yang dialami BPJS Kesehatan pada 2018 mencapai Rp 18,3 triliun. Sedangkan defisit BPJS Kesehatan tahun 2019 diperkirakan mencapai Rp 32 triliun, mengalami kenaikan hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya. (ANN)

Post Comment