!-- Header -->
Insan Pers Buka Bersama Dengan Kasat Reskrim, Bangun Hubungan Yang Sinergis
Komunitas

Insan Pers Buka Bersama Dengan Kasat Reskrim, Bangun Hubungan Yang Sinergis

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM – Kasat Reskirm Polres Lumajang yang baru saja  bertugas di Lumajang, menggelar buka bersama (bukber) dengan seluruh insan pers di Lumajang, Jawa Timur, di sebuah rumah makan, petang tadi. Acara bertema “Silaturrahmi dan Buka Bersama Kasat Reskrim Polres Lumajang dengan Sahabat Media” berjalan lancar. Hampir seluruh media cetak, elektronik, online, hadir dalam acara tersebut.

Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran SH, M. Hum, dalam sambutannya, menyampaikan akan bersikap terbuka dengan media dalam hal pemberitaan yang dibutuhkan.  “Kami selalu belajar terbuka berkenaan dengan informasi bersama sahabat media. Informasi dalam bentuk pemberitaan akan disampaikan melalui Kasubag Humas Polres Lumajang”, ujar mantan Kasat Reskoba Polres Jombang ini.

Jadi, informasi yang keluar lewat satu pintu yakni Kasubag Humas Polres Lumajang. Meski demikian, dirinya, kata Akp Hasran, tidak akan menutup informasi kepada sahabat media.

Senada disampaikan oleh Syamsudin Nabilah, perwakilan awak media (PedomanIndonesia.com). Menurutnya, sinergitas sangat dibutuhkan antara awak media dengan narasumber sebagai bahan untuk membuat suatu pemberitaan. “Saya yakin, kawan-kawan media sepakat dengan keinginan itu, dan mereka akan menulis berita cover both side atau berimbang dan profesional”, kata mantan Kabiro Memo X Lumajang ini.


Udin, panggilan karibnya, juga menyampaikan, banyak komunitas media yang berdiri di Lumajang. Antar lain, Forum Komunikasi Wartawan Lumajang (FKWL), Komunitas Pers Independen (KOMPI) dan Ikatan Wartawan Lumajang (IWL). Wadah wartawan tersebut bukan menjadi pembatas antara awak media dengan nara sumbera atau antara media yang satu dengan media yang lain, tapi menjadi sebuah alat penghubung secara kelembagaan.

“Ini sebuah wadah kawan-kawan berkumpul, berhimpun sesuai dengan visi dan kesamaan pikiran, bukan untuk yang lain,” ungkapnya. Dia yakin, awak media yang hadir dalam bukber ini memahami betul tugasnya masing-masing, yakni mencari, menghimpun, menulis, dan memberitakan informasi yang digali sesuai dengan fakta, kode etik jurnalistik, dan undang-undang pers,” pungkasnya.

Mantan wartawan Harian Surya wilayah Lumajang ini, juga menyampaikan, ajakan kerja sama yang baik dan pemberitaan yang berimbang dari Kasat Reskrim Polres Lumajang, perlu disambut baik pula. Dengan demikian, informasi yang keluar ke masyarakat bermanfaat. “Sinergitas antara pihak Polres dengan media perlu disambut baik. Hanya saja mungkin perlu dipilah mana ranah media yang tidak bisa diintervensi dan mana wilayah Polres yang mungkin hanya untuk komsumsi internal mereka. Ini yang harus sama-sama dipahami,” tandasnya.FIK