!-- Header -->
Komunitas Lumajang Suara Desa

Kartar Minak Koncar Kolaborasi Kerja Bakti dengan Warga Kutorenon

Advertisement
KOLABORASI : Kerja bakti Kartar Minak Koncar, Warga RW 11 – 12, dan Takmir Masjid Al – Mujahidin Biting, Kutorenon Sukodono. RED

LUMAJANG – Guna menjalin komunikasi yang baik dan membangun ikatan emosional dengan masyarakat desa, Pemuda Karang Taruna (Kartar) Minak Koncar Kutorenon, melakukan aksi kerja bakti bersama warga Dusun Biting Kotorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, pada Minggu (27 Maret 2022) pagi.

Kali ini, yang terlibat dalam kegiatan kerja bakti bersama Kartar Minak Koncar antara lain warga RT di lingkungan RW 11 dan warga RT di lingkungan RW 12, serta  Pengurus Masjid Al-Mujtahidin Perum Bumi Biting Indah.

Kerja bakti difokuskan di fasilitas umum (lapangan yang berada di tengah-tengah perumahan). Ada yang bagian memotong rumput, mencangkul gundukan tanah, mencongkel gragal yang tertimbun tanah dan rumput, dan menaikkan sampah ke atas truk sampah.

Mayoritas warga kedua RW ini hadir. Mereka bahu-membahu membersihkan lapangan yang selama ini terlihat kumuh dan kotor karena dijadikan tempat pembuangan sampah (ranting pohon, gragal, botol beling, tanah bekas banjir) oleh warga yang tidak bertanggung jawab.

Agar memudahkan dan mempercepat pekerjaan, titik-titik sasaran kerja bakti dibagi dua. Khusus RW 11 membersihkan lapangan sebelah timur, sedangkan RW 12 di sebelah barat. Sementara pengurus masjid dan karang taruna membantu keduanya.

Dalam waktu setengah hari sampah-sampah berhasil diangkut. Tinggal nanti diratakan. “Kebetulan kita bekerja sama dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup Lumajang) untuk mengangkut sampah sampah ini. Makanya kerja baktinya agak cepat”, tutur Dhimas, salah satu Pengurus Kartar Minak Koncar di sela-sela kesibukannya kerja bakti.

Kades Kutorenon, H. Faizal dan Deddy Firmasyah anggota DPRD Lumajang sempat hadir saat kerja bakti berlangsung. Keduanya menyampaikan terima kasih warga Dusun Biting, khususnya di lingkungan RW 11 dan 12, Karang Taruna Minak Koncar, dan Pengurus Masjid Al – Mujtahidin bisa kompak. “Ini bentuk kebersamaan yang harus terus dibangun. Kalau lingkungan kita sendiri bersih akan terlihat nyaman. Kegiatan apapun selama positif kita dukung”, tuturnya.

 

Pun, dengan Deddy Firmansyah. Dia menyatakan salut dan bangga warga RW 11 dan 12 terlihat guyub. Sebagai anggota dewan sekaligus warga Desa Kutorenon, Deddy siap memberikan dukungan penuh atas kegiatan yang diprogramkan warga.

“Saya ini warga Kutorenon. Maka, apapapun kegiatan menyangkut kebaikan desa ini saya support. Terima kasih sudah bersama-sama menjaga lingkungan kita sendiri”, paparnya. Ketika ditanya keinginan Pemuda Karang Taruna Minak Koncar dan warga Dusun Biting untuk menjadikan lapangan tersebut sebagai sarana beramain anak dan tempat kegiatan olah raga (mini soccer, bulu tangkis, bola voli, basket, maupun lainnya), Keduanya (Kades Faisol dan Deddy) menyatakan siap mensupport.

“Tentu saja keinginan tersebut harus kita support. Kita akan dukung”, tuturnya. Di tempat yang sama para Ketua RT di lingkungan RW 11 dan 12 serta Pengurus Kartar Minak Koncar, menyampaikan terima kasih atas kebersamaan ini. Mereka berharap kedepan, ada kegiatan lain yang bisa dikolaborasikan.

“Ini kolaborasi dengan warga Desa Kutorenon. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari sekian program yang kita putuskan dalam raker beberapa waktu lalu. Alhamdulillah berjalan lancar. Terima kasih kepada semuanya, termasuk kepada pihak DLH”, imbuh Langgeng, salah seorang Pengurus Kartar Minak Koncar. YEN-RED

Post Comment