!-- Header -->
Karya BJ Habibie Dari Pesawat N250 Gatot Kaca Hingga R80 Yang Akan Mengudara 2022
Peristiwa

Karya BJ Habibie Dari Pesawat N250 Gatot Kaca Hingga R80 Yang Akan Mengudara 2022

BJ Habibie, Presiden RI ketiga, selain memiliki banyak prestasi di bidang teknologi beliau juga berkiprah di bidang politik dan pemerintahan. Beliau selama 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Presiden Soeharto waktu itu.

Soeharto menyerahkan jabatan presiden kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Sampai akhirnya Habibie dipaksa lengser karena refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato Pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa dan kembali bermukim di Jerman.

Karya-karya beliau juga dalam menghitung dan mendesain beberapa proyek pembuatan pesawat terbang,  VTOL (Vertical Take Off & Landing) Pesawat Angkut DO-31, Pesawat Angkut Militer TRANSALL C-130, Hansa Jet 320 (Pesawat Eksekutif ), Airbus A-300 (untuk 300 penumpang), CN – 235 dan N-250 Gatot Kaca. Tak hanya itu, BJ Habibie juga ecara tidak langsung turut berpartisipasi dalam menghitung dan mendesain Helikopter BO-105, Multi Role Combat Aircraft (MRCA) dan beberapa proyek rudal dan satelit.

Karya yang menjadi impian terakhir BJ Habibie adalag pesawat R80. Pesawat ini dirancang untuk penerbangan jarak pendek hingga menengah, misalnya rute Palembang-Bali. Pesawat ini mampu mengangkut 80-90 penumpang dengan kecepatan maksimal 330 knots atau sekitar 611 Km per jam. Pesawat R80 ini dijadwalkan akan mengudara pada 2022 mendatang dan akan diproduksi masal tahun 2025. (ANN)

Baca Juga: Perjalanan BJ Habibie Kecil Hingga Menjadi Bapak Pesawat Indonesia

Post Comment