!-- Header -->
Lumajang Politik & Pemerintahan Suara Desa

Kelengkeng KATEKI Asli Lumajang Kualitas Oke

LUMAJANG – Salah satu produk unggulan yang dihasilkan dari pertanian/ perkebunan di Lumajang, Jawa Timur adalah buah kelengkeng. Kelengkeng produk asli dari perkebunan di Kabupaten Lumajang memiliki tekstur yang tebal, rasa yang manis, serta ukuran bijinya kecil dan tidak banyak mengandung air. “Dan ini kualitasnya tidak kalah dengan kelengkeng ekspor. Ini usia pohonnya berumur 3 tahun dan merupakan panen perdana,” kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M. ML (Cak Thoriq) ketika mengunjungi perkebunan milik petani kelengkeng Suwardi, di Desa Jokarto, Kecamatan Tempeh, pada Minggu (28 Juni 2020).

Kabupaten Lumajang memang diberkahi tanah yang sangat subur. Kesuburan tanah Lumajang dimemanfaatkannya sebaik mungkin oleh masyarakat untuk mengolah pertanian dan perkebunan. Berbagai macam tanaman yang ditanam, termasuk tanaman buah kelengkeng.

Cak Thoriq, ikut memanen Kelengkeng Kateki, asli Lumajang. RED

Kelengkeng tersebut, kata Cak Thoriq, merupakan jenis buah Kelengkeng Kateki. Kelengkeng Kateki adalah varietas baru dari hasil persilangan buah kelengkeng lokal dengan kualitas premium. “Dan perawatannya tidak menggunakan pupuk berbahan kimia sama sekali. Cukup menggunakan pupuk organik”, pungkasnya.

Pohon kelengkeng yang ditanam oleh Suwardi jumlahnya sekitar 1.300 pohon. Ditanam di lahan seluas 7 hektare. Cak Thoriq menyempatkan diri ikut memanen buah kelengkeng asli Lumajang tersebut. Diharapkan, pemilik kebun buah klengkeng bisa bekerja sama dengan Dinas Pertanian dengan mengirimkan sample buahnya kepada Kementerian Pertanian RI. Harapannya nanti dapat dipromosikan  bahkan ada pengembangan lahan pertanian kelengkeng di Lumajang. RED

 

Post Comment