!-- Header -->
Kios Yosowilangun Ambruk Makan Korban Luka
Lumajang Peristiwa

Kios Yosowilangun Ambruk Makan Korban Luka

LUMAJANG – Tembok dan atap bagian depan kios/ toko di Pasar Yosowilangun Dusun Krajan RT 12, RW 04, Desa Yosowilangun Lor (tepatnya depan Puskesmas Yosowilangun), Senin, 17 Pebruari 2020 (sekitar pukul 19.50 WIB) ambruk.

Akibatnya, dua korban luka lecet dan mengalami shok. Korban pertama bernama Muharomatul Walidin, umur 21 tahun, asal Dusun Krajan Desa Yosowilangun Lor Kecamatan Yosowilangun (shok dan luka lecet di kaki).

Korban kedua bernama Sunoyo  (penjual Durian), usia 46 tahun,  alamat Mayangan Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember
(luka memar dan lecet karena tertimpa runtuhan tembok dan atap toko).

Informasi dari TRC BPBD Kabupaten Lumajang, sekitar pukul 19.50 WIB, Abd. Qodir (saksi) yang saat itu berada di dalam kios tokonya, mendengar seperti ada suara kayu retak dan melihat putrinya yang ada di luar toko tiba-tiba berlari. Namun, secara tiba-tiba langsung melihat atap depan tokonya ambruk dan putrinya tertimpa di bagian kakinya.

Spontan saksi langsung berlari keluar dan menyelamatkan putrinya serta meminta tolong warga di sekitar lokasi. Selanjutnya warga membantu menyelamatkan korban Sunoyo yang tertimpa runtuhan tembok dan atap depan toko. Untuk kedua korban langsung di bawa ke Puskesmas Yosowilangun untuk perawatan. Kejadian ini diduga karena kondisi tembok bangunan pasar dan kayu atap toko yang sudah rapuh dan termakan usia.

AMBRUK : Kondisi bangunan kios Yosowilangun saat ambruk, Senin kemarin.(dok).

Selain korban jiwa (2 orang mengalami luka memar dan lecet serta shok) juga korban material berupa atap toko sebanyak 5 unit kios (total kerugian sekitar Rp 50 juta, 1 unit sepeda motor honda supra Nopol N 2952 ZU (tertimpa reruntuhan tembok dan atap toko) milik Abdul Qodir.

Setelah mendengar ada insiden tersebut petugas langsung mendatangi lokasi. Mereka antara lain : Polsek Yosowilangun sebanyak 4 personil, Koramil Yosowilangun 5 personil, Kadis Perdagangan dan staf, Camat Yosowilngun dan staf, Kepala pasar dan staf, Kepala desa Yosowilangun Lor dan perangkat desa, TRC BPBD Kab Lmj 2 personil, dan Bankom Yosowilangun. Untuk korban saat ini dilakukan opservasi oleh tim medis PSC 119 Puskesmas Yosowilangun

Informasi dari pihak TRC BPBD Lumajang, saat kejadian hanya kios/ toko milik Saksi Abdul Qodir dan penjual durian di depan toko saksi yang masih buka, sedangkan ke empat toko lainya sudah tutup. WAN-RED

Post Comment