!-- Header -->
Kirab Reog Ramaikan Pasirian Lumajang
Hiburan Komunitas

Kirab Reog Ramaikan Pasirian Lumajang

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Banyak ragam dan cara menyambut dan memperingati 1 Suro. Di Pasirian Lumajang, Jawa Timur misalnya. Masyarakat sekitar yang tergabung dalam  PAWARGOPAS ( Paguyuban Warga Reog Pasirian), menggelar kirab Reog se kacamatan, pada Kamis, 28 September 2017.

Ada sekitar 20 kelompok Reog yang berpartisipasi dalam parade reog kali ini. Dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka berangkat (start) dari taman Kota Pasirian dan finish di Desa Nguter.

Beberapa tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pecinta kesenian reog, hadir pada kirab reog ini. Terlihat Ketua Paguyuban Pusaka Semeru Lamajang yang juga Ketua Bidang Perempuan SNKI (Serikat Nasional Keris Indonesia) Jakarta.

Istianah, SH, bakal calon Bupati Lumajang 2018 saat hadir Kirab Reog. FIK

Sepanjang jalan dari Taman Kota Pasirian menuju Desa Nguter, dipadati penonton menyaksikan atraksi reog. Mereka rela berpanas-panasan menikmati setiap atraksi yang disajikan para penari reog. Pun dengan para penari Reog. Mereka tak mengenal kata kepanasan hingga menjelang sore hari.

“Di samping sebagai hiburan dalam rangka menyambut 1 Suro, Reog merupakan salah satu kesenian  asli Indonesia yang harus dilestarikan. Makanya, saat tampil mereka enjoy meskipun di bawah terik matahari yang menyengat,” kata Istianah, SH, bakal calon Bupati Lumajang 2018.

Istianah berharap agar kesenian Indonesia, termasuk kesenian daerah Lumajang perlu diberi tempat dan dilestarikan. “Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga dan melestarikannya?”, paparnya. FIK