!-- Header -->
Politik & Pemerintahan

Kokohkan Nilai-Nilai Pancasila Cegah Bibit-Bibit Radikalisme

JEMBER – Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Firjaun Barlaman beserta Forkompinda Kabupaten Jember, mengikuti upacara secara daring dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila Selasa, 1 Juni 2021, di Pendopo Pemkab Jember. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Letkol Inf. La Ode Muhammad Nurdin, S. Sos (Dandim 0824 Jember), AKBP Arif Rachman Arifin, S.I.K., M.H. (Kapolres Jember), KH. MB. Firjaun Barlaman (Wakil Bupati Jember), Ir. Mirfano (Sekda Jember), Ahmad Halim (Wakli Ketua DPRD Kab. Jember), Drs. Syafi’i, M.Si (Asisten 1 Pemkab Jember), Dedi Muhammad Nurahmadi, S.P,. M.Si (Asisten 2 Pemkab Jember), Ir. Ruslan Abdul Gani (Asisten 3 Pemkab Jember), Drs. Sigit Akbari, M.Si (Kepala Bakesbangpol Jember).

Sementara itu upacara secara nasional yang berlangsung di Gedung Pancasila, disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Sekretariat Presiden. Bertindak selaku Inspektur  Presiden Joko Widodo, sedangkan perwira upacara adalah Brigjend TNI, Novi Helmy Prasetya, SIP, MIP.

“Peringatan hari lahir Pancasila tiap tanggal 1 Juni, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” Kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya. Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antara belahan dunia, tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Presiden mengingatkan untuk mewaspadai meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi.

“Ideologi transnasional radikal, bisa merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, ke seluruh usia, tidak mengenal lokasi dan waktu dengan memanfaatkan teknologi 4G dan bahkan dengan hadirnya teknologi 5G,” kata Presiden.

Disampaikan, menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa dan diperlukan cara-cara yang luar biasa memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0.

Untuk itu Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.

PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA : Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Firjaun Barlaman beserta Forkompinda Kabupaten Jember, mengikuti upacara secara daring dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila. RED

Menanggapi pesan Presiden Jokowi, Bupati Jember dalam wawancara dengan PI, menyampaikan, hari lahir Pancasila ini harus benar-benar dihayati seperti kita merayakan hari lahir kita. “Tentunya kita dengan bibit-bibit radikalisme dari awal harus kita antisipasi bersama oleh semua elemen masyarakat,” kata Bupati Hendy.

Bupati berharap masyarakat harus proaktif untuk itu, salah satunya dengan adanya pendatang-pendatang baru di kabupaten Jember dari RT / RW maupun masyarakat harus memberikan kabar. Pendatang harus dipantau benar-benar mengikuti kearifan lokal di Jember, dengan kebersamaan gotong royongnya.

“Jangan sampai pendatang baru kos atau kontrak rumahnya terus tertutup dan terkunci tidak mendapat teguran dari masyarakat tidak ada teguran dari RT/RW ini akan menjadi kesulitan buat kita semua dan bukan hanya tugas dari Forkompinda”, pesannya. RZE-RED

Post Comment