Advertisement
!-- Header -->
Pendidikan dan Agama Peristiwa Politik & Pemerintahan

Komisi X DPR RI Berikan Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling

Advertisement

JEMBER – Anggota DPR RI Komisi X, H. Muhamad Nur Purnamasidi, memberikan bantuan mobil perpustakaan dan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada Pemkab Jember, Sabtu (18/9/2022).

Bantuan tersebut diterima secara simbolis diterima oleh Bupati Jember, H. Hendy Siswanto, di Pendopo Wahyawibawagraha.

Wabup Gus Firjaun, mendampingi bupati d halaman parkir pendopo sambil melihat kelengkapan dan peralatan berupa buku-buku yang ditata dalam rak mobil.

Bupati Hendy sempat membaca beberapa judul buku dan isinya. Salah satu buku berjudul “Peribahasa dan Pantun Indonesia” dipamerkan ke sejumlah wartawan.

Bupati Hendy juga mencoba  membuka tab yang dapat mengakses buku perpustakaan digital dan melihat link dengan buku-buku perpustakaan negara/ nasional.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada sahabat saya, warga Jember dari DPR RI Komisi X, Bang Pur (Nur Purnamasidi, Red) yang telah memberikan kontribusinya terhadap Jember. Menyambungkan Jember langsung ke Perpustakaan Nasional dan ini ada mobil lengkap dengan isinya, “ kata  Hendy.

Hendy menambahkan bahwa hal Ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Jember yang dibantu oleh Kepala Dinas Perpustakaan Jember dengan Perpustakaan Nasional. “Terlebih di saat pandemi ini, mobil ini akan keliling ke pusat kota dan pusat-pusat keramaian namun tentunya dengan tetap memperhatikan prokes,” lanjut Hendy.

“Jadi nanti ada petugas seperti warung jualan makanan keliling”, ujarnya. Bupati Hendy berharap nanti ada tambahan bantuan mobil perpustakaan dari Purnamasidi. Selama ini untuk perpustakaan keliling sudah ada 6 unit bu

Sementara itu H. Muhamad Nur Purnamasidi, menyampaikan,  kedatangan ke Jember untuk menyampaiakan beberapa program dari Komisi X DPR RI.

“Alhamdulillah saya bisa memberikan 1 buah mobil perpustakaan keliling, dari 26 Mobil secara nasional, dan ada 25 ribu beasiswa PIP untuk pelajar SD, SMP, dan SMA. Ada 500 beasiswa KIP bagi mahasiswa sampai lulus,” tutur Bang Pur.

Bang Pur, juga menyatakan, ada juga bantuan TIK dalam bentuk sarana dan prasarana untuk 32 sekolah, dengan rincian 10-11 unit komputer untuk tiap-tiap sekolah.

“Hal ini untuk membantu pemerintah daerah dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring,” ujarnya.

Terkait masa depan Jember ke depan, Bang Pur menjelaskan, ada dua hal yang akan didiskusikan panjang yaitu tentang  literasi dan ekonomi kreatif sesuai dengan bidangnya di Komisi X DPR RI.

“Literasi kita ini kan lemah. Saya khawatir semua perencanaan kalau tidak diimbangi dengan literasi akan menjadi bencana,” ungkapnya. Dicontohkan, membangun desa di pesisir pantai selatan Jember itu bagus, namun ada hasil penelitian potensi bencana Tsunami.

“Kalau literasinya nggak cukup, maka tujuan baik itu akan menjadi bencana,” ungkap Bang Pur.

Mengenai Ekonomi, karena Jember memiliki kemajemukan dan lalu lintas orang yang luar biasa, Bang Pur berharap Jember serius menggarap sektor ekonomi kreatif.

“Kalau Lumajang sudah sedemikian rupa, maka Jember harus lebih dasyat karena ada 3 Perguruan Tinggi Negeri yang harus dilibatkan karena mereka punya dana riset,” ungkapnya. RED

 

 

 

Post Comment