!-- Header -->
Kroscek Data Mutasi Pejabat Pemkab, BKD Menjawab 570 Mutasi Sisanya Pengukuhan
Politik & Pemerintahan

Kroscek Data Mutasi Pejabat Pemkab, BKD Menjawab 570 Mutasi Sisanya Pengukuhan

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM – Penyelenggara Pilkada Lumajang (KPU) dan Panwaskab Kabupaten, kemarin sore, mengkroscek data lampiran mutasi pejabat di lingkungan Pemkab. Kroscek tersebut memakan waktu sekitar 2 jam lebih (sejak 13.30 -16.00 WIB.   Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menegaskan jika sebanyak 570 pejabat dilantik, sisanya sampai 652 adalah pengukuhan.

Akhmad Mujaddid MR, Ketua Panwaslu, menjelaskan, pihaknya mengklarifikasi lampiran mutasi pada 9 Pebruari 2018. Dikatakan, jumlah pejabat yang dimutasi yang diserahkan ke pihaknya sebanyak 570 dan sisanya adalah pengukuhan karena perubahan nomenklatur. Jadi, total yang diserahkan tetap 652 pejabat.

“Hingga sekarang kami belum menemukan selisih angka karena tidak tidak bicara by name by address,” ujarnya usai klarifikasi. Dipaparkan, SK Mendagri 513 itu terbagi 3. Pertama terkait kepala dispenduk 1 orang sendiri, kedua sebanyak 6 orang kepala dinas, dan sisanya sebanyak 563 orang itu terkait yang memang jadi satu kesatuan dalam satu surat izin.

“Soal apakah ada pejabat yang dilantik tapi tidak ada dalam SK, kami masih belum mengarah ke sana. Masih sebatas apakah lampiran itu sudah benar atau tidak. Termasuk kita menanyakan, apakah ada nama selain yang ada dalam lampiran itu tetapi dimutasi. BKD menjawab tidak ada,” tegas Jadid, panggilan karibnya.

Drs Nurwakit Ali Yusron M.Si, Kepala BKD, di tempat yang sama, menegaskan bahwa mutasi 9 Pebruari lalu sudah memenuhi kaidah normatifnya pasal 72 ayat 1, mendapatkan izin dari Mendagri. Izinnya sudah kita kantongi. Baik eselon 2, 3 maupun eselon 4 dan pejabat fungsional. Jangan lupa, 9 Pebruari itu tidak hanya pelantikan, tapi juga pengukuhan”,  pungkas mantan Plt Sekda ini dengan mimik serius.

Dijelaskan,  untuk pejabat eselon 2, 3 dan 4 juga ikut diajukan. “Makanya di situ ada 3 sura. Pertama izin pak Taufik Dispenduk, kedua 6 pejabat eselon 2, ketiga izin eselon 3 dan 4 fungsional. Jadi, yang fix 570 yang pelantikan mutasi. Itu yang SK Mendagri,” paparnya.

Pantauan media ini, hadir dalam klarifikasi ini dua orang Panwaskab (Akhmad Mujaddid MR dan anggotanya Sulastri Wulandari SPd), dua KPU (Siti Mudawiyah SE-Ketua dan Divisi SDM dan Parmas, M. Ridhol Mujib, SE). Sementara  dari Eksekutif Drs. Nurwakit Ali Yusro MSI, Patria Dwi Hastiadi (Kepala DPMD), Asisten Susiyanto, Staf Ahli Agus Triyono dan sejumlah pejabat lain. Plt Bupati, dr Buntaran Suprianto M. Kes juga terlihat hadir. DIN

Izin Mendagri Terbagi 3 SK : 

  1. SK Kepala Dispenduk Capil : 1 orang
  2. Sk Izin mutasi Kepala Dinas : 6 orang
  3. SK eselon 3 dan 4 : 563 orang 

Total ada                              : 570 orang

Pengukuhan                         :  82 orang

Total pelantikan dan pengukuhan  :  652 orang

Sumber : BKD dan Panwaskab Lumajang