!-- Header -->
Advertisement
Kualitas Buruk, Proyek Saluran Distribusi Air Kaliboto Lor Rusak
Peristiwa

Kualitas Buruk, Proyek Saluran Distribusi Air Kaliboto Lor Rusak

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Diduga pemasangan yang tidak profesional dan buruk, saluran distribusi air PDAM di Kaliboto Lor, Jatiroto Lumajang, Jawa Timur, bolak-bolik mengalami kerusakan (bocor). Akibatnya, petugas perbaikan PDAM harus pontang panting melakukan perbaikan. Padahal, yang mengerjakan proyek tersebut bukan pihak PDAM.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini, pipa yang dipasang sebagian bukan pipa yang ber SNI dan tipis (terutama pipa besi) sehingga mudah hancur. Pemasangannya, pun sepertinya dilakukan serampangan. Bukan hanya itu, pipa yang dipasang seharusnya 4 dim ternyata pipa yang 1 dim.

“Pemasangannya aja Mas yang tidak bagus. Pemasangan silnya nggak pas,” ujar petugas di lapangan. Dari data yang ada, kerusakan pada saluran distribusi air di Kaliboto Lor ini jumlahnya 17 titik. Dari sejumlah itu 15 titik di antaranya sudah dilakukan perbaikan, sedangkan sisanya masih belum diperbaiki.

Saat pengerjaan proyek tersebut pihak PDAM Lumajang menyatakan tidak cawe-cawe alias digarap pihak lain. Baru setelah dianggap selesai diserahkan kepada pihak PDAM.

Warga sekitar, menyatakan, kebocoran ini terjadi berkali-kali. Mereka menyampaikan proyek tersebut disub kontrakkan. “Katanya itu proyek yang subkan, terus disubkan lagi. Jadinya begini,” papar warga yang meminta agar identitasnya tidak dipublikasikan. Mereka berharap agar kebocoran tersebut segera diselesaikan agar tidak mengganggu warga sekitar dan masyarakat umum.

Sementara itu Bowo dari pihak Dinas PU Kabupaten Lumajang, memberikan solusi dengan cara menaikkan konstruksi jalannya.

“Kalau memang terjadinya kebocoran itu juga karena kendaraan yang melintas di atasnya, maka konstruksi jalannya dinaikkan sekitar 35 cm,” ujarnya via telpon.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kebocoran lagi, pihaknya perlu berkoordinasi dengan pihak pelaksana jalan. “Kita akan koordinasikan, termasuk dengan pihak yang melakukan perbaikan saluran distribusi air itu,” imbuhnya. FIK