!-- Header -->
Ekonomi Peristiwa Politik & Pemerintahan

Lagi, Ponorogo Ekspor 300 Ton Kunyit Ke India

PONOROGO-Kabupaten Ponorogo kembali eksport komuditas kunyit kering ke India, menyusul eksport perdana pada Maret 2022 yang lalu.

Peluang ekspor kunyit kering ke India terbuka lebar. Sudah berton-ton tanaman rempah-rempah tersebut bernama latin Curcuma domestica Val itu dikirim dari Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo ke luar negeri.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko memberangkatkan ekspor 300 ton ke India, Senin (8/8/2022). Untuk mengangkutnya, membutuhkan 10 unit tronton untuk mengangkut komoditas ekspor senilai Rp 3 miliar tersebut.

Kang Bupati –sapaan akrab Bupati Sugiri Sancoko—menegaskan, bahwa rempah-rempah dari Indonesia sudah lama terkenal berkualitas super. Tanpa kecuali dari Ponorogo.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko. REF

Desa Truneng di Kecamatan Slahung yang menjadi binaan PT Astra International Tbk sengaja mengembangkan ekspor komoditas kunyit ke India. ‘’Saya berharap ekspor rempah-rempah ini terus berlanjut,’’ kata Kang Bupati.

Kang Bupati menginginkan komoditas ekspor dari Ponorogo tidak hanya kunyit. Melainkan barang komoditas pertanian lainnya atau berupa produk. ‘’Pangsa pasar di luar negeri masih terbuka luas. Kita punya produk utama, produk potensial, maupun produk jasa yang laku di pasar ekspor,’’ jelasnya.

Di pihak lain, Biwi Suwito, koordinator Desa Sejahtera Astra (DSA), mengungkapkan, bahwa permintaan ekspor kunyit kering dari India sebanyak 2.000 ton. Sedangkan Ponorogo baru mampu memenuhi sekitar 300 ton hingga 350 ton per bulan. ‘’Ini peluang besar bagi petani khususnya kunyit atau tanaman rempah-rempah lainnya,’’ ungkap Biwi Suwito.

PT Astra International Tbk melalui program DSA terus mendorong produk unggulan desa mampu menembus pasar internasional. Pendampingan juga menyasar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas.

‘’Pengembangan keterampilan dan keahlian masyarakat yang tujuan akhirnya adalah peningkatan taraf hidup,” ujarnya. (Ddn// Sumber: Diskominfo kabupaten Ponorogo)

Post Comment