!-- Header -->
Komunitas Lumajang Suara Desa

Lagu Pesona Desa, Kades Kutorenon : Cintai dan Berbanggalah Jadi Orang Desa

LUMAJANG – Kutorenon Berkreasi kembali melakukan aksinya. Setelah mempromosikan keindahan Kabupaten Lumajang lewat syair lagu “Lumajang Eksotik”, kini Kutorenon Berkreasi mengangkat suasana desa yang penuh keindahan, kebersamaan, dan penuh toleransi lewat lagu “Pesona Desa”.

Sebelum bincang-bincang santai soal lagu kedua ini, Faisal Rizal (Kepala Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono), menyampaikan, saat ini sudah jamannya android. Lewat android semua informasi bisa diakses. “Dulu, pas kita ngetik nama Kutorenon, gak muncul. Di google nama Desa Kutorenon tenggelam. Saya iri dengan desa – desa lain, baik yang ada di Lumajang maupun di luar Lumajang lain yang muncul dan mudah dilihat di google, di Youtube”, ungkapnya lewat obrolan santai, Rabu malam.

HUTAN BAMBU BITING : Kutorenon Berkreasi saat syuting, di Hutan Bambu Situs Biting. DIN

Dari situ dirinya, ungkap Faisal, mulai menggali potensi-potensi Pemuda Karang Taruna dan warga Kutorenon. Ada yang suka dengan cerita pendek. Ada yang suka musik. Ada yang suka dengan ekonomi kreatif, dan lainnya.

“Kita gandeng semua. Kita gali potensi itu. Kita rangkul. Masing-masing desa pasti punya gaya. Punya potensi. Termasuk di desa kita, Kutorenon. Kita juga sudah mulai hidupkan kembali Pemuda Karang Taruna. Bahkan  kemarin mereka memulai kegiatan dengan Gerakan Kutorenon Berseri. Insya Allah mereka juga punya program untuk memajukan desanya”, ujar Faisal, panggilan karibnya.

Mengenai lagu kedua, Pesona Desa, Faisal menceritakan, sejak masih muda dirinya punya hobby main musik. Bahkan seringkali mengikuti festival musik. Sayangnya, semuanya tidak terdokumentasi. Apalagi dulu tidak seperti sekarang yang serba canggih.

“Saya merasa eman karena tidak punya dokumentasi sama sekali. Makanya, saat ini, bersama kawan-kawan Pemuda Karang Taruna dan Pak Deddy Firmansyah anggota dewan, memberikan dukungan penuh. Dibuatlah channel YouTube untuk berkreasi. Semua kegiatan dari temen-temen bisa masuk di sana. Channel kita ini bukan khusus musik. Ada cerita pendek yang menginspirasi. Ada cerita lucu. Ada cerita penyemangat untuk membangun desa. Kita ingin anak-anak muda Kutorenon kreatif.  Kata pak Karno, “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia,” tuturnya.

Kades Kutorenon 2 periode ini, juga memaparkan, selama memimpin desa ini Ia akan menuangkan kisah-kisah inspiratif dan kreatif dalam bentuk lagu. Khusus lagu Pesona Desa, banyak kisah yang tidak bisa dilupakan, terutama masa kecil. Di situ ada canda tawa, bermain, bercengkrama dengan teman sebaya. Ada suasana menyenangkan. Kerukunan tercipta.

“Kerukunan. Suasana nyaman, aman, tenteram di desa harus terus dijaga. Sementara potensi-potensi SDA dan lain-lain akan terus kita gali. Kita juga ingin menyemangati temen-temen Pemuda Karang Taruna untuk ikut membangun desa,” paparnya.

VIDEO KLOP: Ini sebagian Video klip Kutorenon Berkreasi. DIN

Lagu Pesonan Desa yang spesifik mengisahkan suasana desa Kutorenon yang tenteram diharapkan menjadi salah satu penyemangat seluruh warga Kutorenon dan Pemuda Karang Taruna Minak Koncar untuk kreatif hingga pada akhirnya mampu menjadikan desa ini lebih maju dan berkembang pesat.

Sekedar diketahui, video klip dan lokasi syuting lagu Pesona Desa semuanya di Desa Kutorenon. Tentu saja, imbuh Faisal, pihaknya tidak ingin sekedar membuat lagu yang menginspirasi. “Ada kegiatan-kegiatan lain. Ada program-progam lain. Ada potensi-potensi lain yang harus digali dan dikembangkan oleh, dari, dan untuk warga Desa Kutorenon.  Seperti itulah kira-kira,” tuturnya seraya menambahkan, bahwa desa merupakan pondasi negara. Berbanggalah jadi orang desa. Cintailah desa anda”, imbuhnya. NDY-RED

Post Comment