!-- Header -->
Advertisement
Langganan Tiap Tahun 3 Titik Sering Macet
Peristiwa Politik & Pemerintahan

Langganan Tiap Tahun 3 Titik Sering Macet

LUMAJANG,PEDOMANINDO – Ada tiga titik kemacetan yang diprediksi selama Hari Raya Idul Fitri. Ketiga titik itu ada di Jalan PB. Sudirman Lumajang, Pasar Tumpah Desa Wates Wetan Ranuyoso, dan Pasar Tumpah Desa Ranuyoso. “Inilah yang akan menjadi focus petugas mengantisipasi dan mengatasinya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, Sugeng Priyono, S. Sos, MM, saat Rapat koordinasi dan sosialisasi untuk menyambut arus mudik dan balik lebaran tahun 2017 di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, Rabu (14/6/).

Hadir dalam acara tersebut Unsur Lalu Lintas dan Angkatan Jalan Provinsi Jawa Timur (LLAJ), BNN Kabupaten  Lumajang, Kepala Lembaga Pemasyarakatan, Unsur Satlantas Polres Lumajang, Kapolsek Ranuyoso, Unsur Dinas Lingkungan Hidup, Unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang, Rektor STIE Widya Gama dan Rektor Universitas Lumajang.

Dijelaskan, untuk mengantisipasi kemacetan di Ranuyoso akan dilakukan revitalisasi pasar, sedangkan di Jalan PB. Sudirman akan dilakukan koordinasi di Pos Pasar Baru untuk mengadakan penertiban dengan instansi terkait.

Macet di Ranuyoso-Klakah

“Kita akan pasang rambu-rambu lalu lintas titik rawan kecelakaan, kemacetan dan titik penting lainnya,” tukasnya. Dishub juga akan melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan dan kesehatan sopir angkutan umum, bekerja sama dengan LLAJ Porvinsi Jawa Timur.

Dia juga menyinggung soal program mudik dan arus balik gratis angkutan lebaran tahun 2017. Pemberangkatan pertama akan dilaksanakan pada 22 Juni 2017. Ada 2 armada Bus (berasal dari APBD Lumajang) dengan tujuan Lumajang-Surabaya. Sementara pemberangkatan kedua dilaksanakan pada 2 Juli 2017 dengan menggunakan 3 Bus (bantuan provinsi Jawa Timur) dengan tujuan Lumajang-Surabaya 2 bus dan dan Lumajang-Malang 1 bus.

Pendaftan mudik dan balik gratis sudah dimulai sejak 27 Mei 2017 sampai nanti tiket habis. Untuk memaksimalkan program tersebut akan dilakukan sosialisasi melalui penyebaran peta jalur mudik, leaflet, spanduk, media elektronik, dan lain-lain.

Pemantauan arus lalu lintas akan dilakukan melalui CCTV Polri dan CCTV Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang. SYAM