Advertisement
!-- Header -->
Lumajang, Tiada Hari Tanpa Kemalingan Sapi
Peristiwa

Lumajang, Tiada Hari Tanpa Kemalingan Sapi

LUMAJANG – Tiada hari tanpa kehilangan sapi. Itulah yang terjadi di Lumajang, Jawa Timur.

Kali ini ada 2 lokasi yang kehilangan sapi. Pertama sapi yang dicuri milik Edi  (38), warga Dusun Gunung Kenik, RT/RW 03/03, Papringan Klakah, yang digondol maling, pada Minggu (7/12/ 2019), pukul 01.40 WIB.

Seekor sapi milik Edi yang dibawa kabur OTK (orang tak dikenal) jenis Limosin, warna merah, dengan cara merusak pintu kandang yang terbuat dari sesek bambu.

Berikut keronologi OTK gondol sapi milik Edi : Pada hari Sabtu, 7 Desember 2019, sekitar pukul 18.30 WIB, Edi memberi makan kedua  sapinya di dalam kandang.

Pada hari Minggu, 8 Desember 2019, pukul 01.40 WIB, Edi terbangun dari tidurnya dan berinisiatif ke kandang untuk memberikan makan kedua sapinya. Setelah sampai di depan kandangnya, dia kaget melihat  pintunya sudah rusak dan seekor sapinya lenyap.

“Saya langsung memberitahukan kepada tetangga sekitar kalau sapinya hilang”, kata Edi.  Seketika itu juga sekitar 50 orang warga Dusun Gunung Kenik secara bersama-sama melakukan pengejaran/ pencarian dengan cara mengikuti jejak kaki dari kandang menuju arah Timur masuk Dusun Ranu Leading Desa Papringan.

Untungnya, sekitar pukul 02.00 WIB warga menemukan sapi yang hilang tersebut di dalam jurang, di Dusun Ranu Leading, Desa Papringan dalam keadaan terikat. Selanjutnya sapi tersebut dibawa pulang ke kandangnya.

Kedua, seekor sapi Limosin warna merah jenis blesteran milik Rohman (37), warga  Dusun Waru Lor RT. 02 RW. 06, Desa Sawaran Lor Kecamatan Klakah, dicuri orang tidak OTK dengan cara merusak dan masuk melewati pintu kandang yang terbuat dari sesek bambu.

DITEMUKAN : Akhirnya, sapi milik kedua korban ditemukan. (Dok)

Kronologis kejadian : Pada hari Sabtu, 7 Desember 2019, pukul 21.10 WIB Rohman memberikan makan ketiga ekor sapinya lalu dia istirahat malam.

Pada hari Minggu, 8 Desember 2019, pukul 01.00 WIB, Rohman terbangun dari tidurnya kemudian menuju ke kandang untuk mengecek dan memberikan makan ketiga sapinya.  Slanjutnya dia istirahat malam.

Pukul 04.00 WIB  Rohman terbangun dari tidurnya dan hendak memberikan makan sapinya. Alangkah kagetnya dia setelah melihat sapinya tinggal 2 ekor.

“Saya langsung memberitahukan kepada tetangga dan Ketua RT.  Ketua RT lalu memberitahukan kepada Babinsa Sawaran Lor Sertu Ridwan, melalui HT, bahwa di Dusun Waru Lor ada kehilangan 1 ekor sapi”, ungkap Rohman.

Pukul 04.15 WIB, masyarakat Dusun Waru Lor dan Kasun beserta Babinsa (sekitar 100 orang) bersama-sama mencari dengan mengikuti jejak kaki dari kandang menuju arah utara perbatasan Dusun Tanah Gatel Desa Sawaran Lor Kecamatan Klakah dengan Desa Jenggrong Kecamatan Ranuyoso.

Pukul 06.00 WIB, masyarakat dan Kasun Dusun Waru Lor, didampingi Babinsa Sertu Ridwan, menemukan 1 ekor sapi milik Sdr. Rohman di kebon sengon (perbatasan Desa Sawaran Lor Kecamatan Klakah dengan Desa Jenggrong Kecamatan Ranuyoso), tepatnya di Dusun Tanah Gatel.

Selanjutnya sapi tersebut di bawa pulang menuju kandang sapi milik Rohman. RED

Post Comment