!-- Header -->
Lumajang Peristiwa Politik & Pemerintahan

Lumajang Zona Merah Lagi, Angel Wis…!

LUMAJANG – Sejak kemarin Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kembali menyandang status zona merah covid-19 bersamaan dengan Kabupaten Banyuwangi. Dengan demikian, khusus di Jawa Timur, dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan Jawa Timur, hanya 2 kabupaten yang berstatus zona merah (Lumajang dan Banyuwangi). Sementara kabupaten/ kota lainnya, berstatus zona kuning dan orange.

Zona merah artinya resiko tinggi, orange resiko sedang, kuning resiko rendah, dan zona hijau resiko terkontrol. Status Lumajang zona merah covid-19 dibenarkan Kadinkes Lumajang dr. Bayu Wibowo IGN, via seluler, Rabu (30 September 2020).

DATA COVID-19 : Ini data covid-19 Dinkes Jatim. RED

“Iya benar zona merah. Semua sudah tahu. Dasarnya ada kenaikan kasus yang tinggi dalam bulan September. Dan kesembuhan paling rendah di Jatim per hari kemarin”, ungkapnya.

Banyaknya yang terkonfirmasi covid-19, kata dr. Bayu Wibowo, karena ada swab massal di RSUD. Pasirian, RS Jatiroto, dan RSUD dr. Haryoto.

Agar Lumajang kembali ke zona orange, kuning, atau hijau, dr. Bayu mengingatkan masyarakat disiplin patuh pada himbauan pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Caranya masyarakat disiplin jalankan protokol kesehatan”,  sarannya. Sementara itu, Drs. Agus Triyono, Sekda Kabupaten Lumajang, menyampaikan, setelah dinyatakan zona merah, maka pemerintah melakukan beberapa langkah antara lain : menangani yang sakit terkonfirm, memonitor giat masyarakat, meningkatkan edukasi masyarakat agar senantiasa melaksanakan program kesehatan.

ZONA MERAH : Per 29 September 2020 Lumajang kembali pada posisi zona merah covid 19. RED

Bagaimana dengan keramaian seperti pengajian, seminar, pelatihan, diskusi, dan sejenisnya? apakah tetap jalan terus dengan catatan menjalankan protokol kesehatan?

“Sampai siang ini masih diperkenankan. Insya Allah nanti mlm akan didiskusikan”, imbuhnya via WhatsApp.  DIN

Post Comment