Advertisement
!-- Header -->
Kabupaten Madiun Kesehatan Peristiwa Politik & Pemerintahan

Madiun Bentuk Satgas Kawasan Tanpa Rokok

MADIUN – Pemerintah Kabupaten Madiun membentuk Satuan Tugas (Satgas) kawasan tanpa rokok (KTR). Anggota Satgas tersebut, sebelum melaksanakan tugasnya mendapat pembekalan selama dua hari di RM Orient Tarzan Saradan, sejak Selasa hingga Rabu (9/11/22).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, dr. Anies Djaka menjelaskan tentang banyak terkait Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Menurutnya, kebiasaan merokok sudah meluas di hampir semua kelompok masyarakat. Hal ini menjadi semakin serius, mengingat merokok itu, berisiko menimbulkan berbagai penyakit atau gangguan kesehatan pada perokok itu sendiri maupun orang lain.

Hingga saat ini, masalah merokok di dalam ruangan merupakan salah satu dari tiga masalah utama dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Dikatakannya, perlu dilakukan langkah-langkah pengamanan rokok, salah satunya melalui penetapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Di Kabupaten Madiun, saat ini sudah memiliki Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2022 yang mengatur tentang Kawasan Tanpa Rokok.

KTR adalah ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok, atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan produksi tembakau.
“Ini sebagai upaya perlindungan masyarakat terhadap risiko ancaman gangguan kesehatan karena lingkungan tercemar,” ujar dr. Anies.

Ia berharap dengan adanya penetapan KTR, masyarakat dapat menghirup udara bersih tanpa asap rokok, lingkungan merasa nyaman, dan mengurangi dampak merokok bagi tubuh terhadap kesehatan.

Kawasan yang ditetapkan sebagai KTR antara lain, Sarana Kesehatan, tempat proses Belajar Mengajar, tempat Kegiatan Anak, tempat Ibadah, Angkutan Umum, Tempat Kerja, Tempat Umum, Tempat Olah Raga dan tempat lainnya yang ditetapkan oleh Bupati.

Untuk menambah bekal pengetahuan tentang Kawasan Tanpa Rokok bagi anggota Satgas, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya, dr. Kurnia Dwi Artanti. (Ddn//Sumber: Diskominfo Kabupaten Madiun)

Post Comment

  Canva Pro Crack Filmora Pro Crack Spotify Premium Free Download Tradingview Premium Free