Advertisement
!-- Header -->
Komunitas Lumajang Politik & Pemerintahan Suara Desa

Mahasiswa KKN Universitas Jember Berkolaborasi dengan Kartar Minak Koncar

Advertisement
MAHASISWA KKN UNEJ : Kelompok KKN 461 UMD Periode II Universitas Jember. RED

LUMAJANG – Kelompok KKN 461 UMD Periode II Universitas Jember yang berjumlah 9 orang, Sabtu (23 Juli 2022) malam,  berdiskusi dengan Pemuda Karang Taruna Minak Koncar, di Sekretariat Sementara Perumahan Biting Indah Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono Lumajang.

Beberapa pengurus Karang Taruna Minak Koncar, tampak hadir dalam acara tersebut. Diskusinya terlihat ganyeng, serius tapi santai  hingga larut malam. Seceret teh panas dan kopi asli Gucialit Lumajang serta makanan ringan hangat menjadi teman diskusi.

Empat tematik yang tertera dalam pedoman KKN UMD Periode II menjadi bahan diskusi.

“Berdasarkan pembekalan yang dilakukan oleh DPL, terdapat 4 tematik di antaranya TIK dan data, kewirausahaan dan desa wisata, stunting dan sanitasi lingkungan, serta desa tanggap bencana”, ujar Donna Sri Rahayu, Sekretaris kelompok KKN 461.

Dia memaparkan, keempat tematik tersebut tidak harus digunakan semua dalam program kerja. Karena, permasalahan dari tiap desa berbeda. Mahasiswa KKN juga menyampaikan, pembagian program kerja terdiri dari program kerja utama dan program kerja harian.

Program kerja utama yang dipilih yaitu program kerja membantu menyusun dokumen perlengkapan Surat Pertanggung Jawaban (SPj) yang nantinya bermuara pada SISKUDES.

“Sedangkan program kerja harian yang dipilih yaitu stunting dan sanitasi lingkungan yang secara langsung didiskusikan bersama Karang Taruna Minak Koncar”, tuturnya.

Bertepatan dengan momentum 17 Agustus 2022, mahasiswa KKN Universitas Jember ini akan berkolaborasi dengan Kartar Minak Koncar dalam kegiatan lomba, khususnya lomba berkaitan dengan program kerja Kartar Minak Koncar yang belum direalisasikan.

DISKUSI : Kelompok KKN 461 UMD Periode II Universitas Jember yang berjumlah 9 orang, Sabtu (23 Juli 2022) malam, berdiskusi dengan Pemuda Karang Taruna Minak Koncar di Sekretariat Sementara (Rumah Syamsudin Nabilah alumni Unej). RED

“Kebetulan program kerja Kartar Minak Koncar bidang lingkungan yang belum terealisir lomba Kampung Berseri. Ini yang akan kita garap bersama sama. Kebetulan juga masalah lingkungan menjadi salah satu tematik kita yang tertera dalam pedoman KKN UMD Periode II”, tukas Edy, salah satu Pengurus Kartar Minak Koncar.

Harapannya, ini menjadi pintu masuk pertama kerja sama antara pihak Kartar Minak Koncar Desa Kutorenon dan mahasiswa KKN Universitas Jember.

Kesempatan ini juga diharapkan dapat merevitalisasi kegiatan Kartar Minak Koncar yang sempat mandeg di masa pandemi.

“Mengenai rencana lomba Kampung Berseri akan kita bahas lebih lanjut dalam pertemuan yang akan datang”, imbuhnya. Acara berakhir sekitar pukul 22.30 WIB. DONNA/ IDA-RED 

Post Comment