!-- Header -->
Pendidikan dan Agama

Mahasiswa Unmuh dan Unej Lolos Program Internasional Dikti

JEMBER – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, baru saja mengumumkan mahasiswa yang lolos dalam penerimaan Bantuan Dana Program Transfer Kredit Internasional tahun 2021.

Untuk wilayah timur Jawa Timur Hanya 2 Universitas yang lolos program ini, tercatat hanya Universitas Jember (Unej) dengan 6 mahasiswa, dan UM Jember memperoleh pendanaan untuk 10 mahasiswa. Program ini adalah program dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Dikti yang diikuti hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Diambil dari laman dikti.kemendikbud.go.id yang mengirim surel No. 3149/E2/KH.00.02/2021, tertanggal 29 Juni 2021, para peserta seleksi penerima Dana Bantuan Program Tranfer Kredit Internasional ini akan diundang untuk mengikuti kegiatan bimbingan teknis, dengan jadwal akan ditentukan kemudian.

Direktur Belmawa, Aris Junaidi, dalam surat tertulisnya menyampaikan, “untuk Perguruan Tinggi yang telah menyampaikan proposal namun belum lulus seleksi pada tahun 2021, kami mengucapkan terima kasih atas partisipasinya, dan dapat kembali berkompetisi pada kesempatan yang akan datang.”

LOLOS :  6 mahasiswa Universitas Jember (Unej) dan 10 mahasiswa UM Jember, mendapatkan Bantuan Dana Program Transfer Kredit Internasional tahun 2021. RED

Dari Universitas Jember sebanyak 6 mahasiswa yang lolos adalah Zuhrotul Colbi, Arsetyo Rahardhianto dan Meilia Putri Marditianingsih (Biologi), Yayuk Fatmawati dan Laela Nisfi Syiami (Pendidikan Biologi) dan Wulan Arum Hardiyani (Bioteknologi).

Sementara dari Universitas Muhammadiyah Jember yang lolos untuk program internasional Kementerian Pendidikan tahun 2021, antara lain Ega Dwi Sukmaningsih (Prodi Agroteknologi), Ananda Sevtina Soewandi (Prodi Pendidikan Matematika), Handy Way Transita (Prodi Fikes), Ifrohatul Husnah (Prodi PAUD), Juniartha Indra Pratama (Prodi Teknik Informatika), Mohammad Aulia Azhar Meirfansyah (Prodi Ilmu Hukum), Pipit Candrasari (Prodi Pendidikan Biologi), Safira Hini Kamila Hadi (Prodi Ilmu Komunikasi), Sephia Andrea Wijaya (Prodi Agribisnis) dan Wahyu Indah Dwi Rengganis (Prodi Akuntansi).

Kabar gembira ini disambut suka cita oleh Universitas Muhammadiyah Jember. Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Muhammadiyah Jember, Nurul Fathiyah, mengaku gembira perjuangan mahasiswanya untuk bisa “kuliah ke luar negeri” dengan bantuan dana Dirjen Dikti.

“Puji syukur Alhamdulillah, 10 mahasiswa kami semuanya diterima dalam program ini. Semoga ini bisa menjadi trigger dalam kegiatan internasionalisasi di kampus UM Jember,” ujarnya dalam pesan pendek melalui WA.

Kaprodi PAUD, Dr. Dyah Wardhani, MPd., mengaku bersyukur dan tidak mengira salah satu mahasiswanya bisa lolos program internasional ini. “Rasanya pingin nangis bombay. Tidak mengira mahasiswa PAUD bisa lolos juga,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Dr. Juariyah, MSi, dekan FISIP UM Jember. Dia mengaku bersyukur mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Fisip, ikut lolos seleksi. “Alhamdulillah ini patut disyukuri, Prodi Ilmu Komunikasi sudah terakreditasi A, semoga bisa menginternasional”, tuturnya. RZE-RED

Post Comment