!-- Header -->
Advertisement
Maksimalkan DD dan ADD Desa Petahunan Membangun
Suara Desa

Maksimalkan DD dan ADD Desa Petahunan Membangun

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Besarnya DD dan ADD yang dikucurkan pemerintah, memacu pemerintahan di desa untuk melakukan berbagai program kegiatan, termasuk kegiatan pembangunan fisik.

Salah satu contoh di Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko Lumajang, Jawa Timur. Di bawah Kades Sanan, desa ini sedang menggarap drainase sepanjang jalan sekitar.

“Kita lagi menggarap dan menyelesaikan pembangunan fisik berupa drainase sepanjang 200 meter kanan dan kiri,” ujarnya sambil melakukan aktivitasnya, Kamis (20/7).

Diperkirakan, kegiatan fisik yang dimulai bulan Juni 2017 ini selesai pada Juli 2017, meskipun hasilnya belum 100 persen. Karena ingin cepat selesai dan hasilnya bagus, pihaknya, ungkap Sanan, menambah pekerja hingga 40 orang.

Selain pembangunan fisik drainse, Desa Petahunan membangun Polindes yang sudah rusak. “Selain drainase, polindes kita garap mulai Juli 2017. Kita bongkar total karena kondisi bangunan memang rusak cukup parah,” ungkapnya.

Sanan menjelaskan, saat ini pihaknya konsentrasi menyelesaikan pembangunan fisik, sedangkan pembangunan nonfisik seperti pemberdayaan masyarakat akan dilakukan pada tahap berikutnya.

“Bertahap, Mas. Sekarang pembangunan fisik dulu,” ujar pria yang mulai menjadi kades di usia 43 tahun ini dengan mimik serius. Dia menambahkan, dalam penggunaan DD dan ADD, pihaknya akan mengacu pada aturan yang berlaku. FIK