!-- Header -->
Advertisement
Minim Pendaftar Bupati Bisa Ajukan Calon Sekda
Politik & Pemerintahan

Minim Pendaftar Bupati Bisa Ajukan Calon Sekda

LUMAJANG, PEDOMANINDO – Proses penerimaan calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, terus berjalan hingga tanggal 13 Juli 2017. Sesuai aturan yang telah ditetapkan, jika sampai tanggal tersebut belum ada yang mendaftarkan diri atau tidak mencapai minimal 4 pendaftar, maka pendaftaran diperpanjang 10 hari ke depan.

“Jika masih tetap tidak memenuhi ketentuan minimal 4 pendaftar setelah diperpanjang, maka lewat rotasi jabatan bupati berhak mengajukan/ menunjuk beberapa pejabat kepada pansel untuk diuji kompetensi. Namun sebelumnya, bupati menyampaikan hal ini kepada KASN,” ungkap Nur Wakid, Plt Sekda Lumajang.

Dia menjelaskan, bolehnya menunjuk pejabat tersebut diperbolehkan oleh PP No.11 Tahun 2017, pasal 132.

Adapun tahapan penerimaan calon Sekda adalah : pendaftaran hingga 13 Juli 2017, penetapan calon yang dinyatakan lolos administrasi pada tanggal 14 Juli 2017, kemudian uji kompetensi managerial dan bidang oleh Badan Diklat (Badiklat) Provinsi Jawa Timur.

“Harapan kita, tanggal 17,18, dn 19 Juli 2017 para calon yang lolos administrasi sudah uji kompetensi di Badiklat,” ungkapnya.

Setelah itu proses berikutnya, kata Nur Wakid, penyerahan 3 nama yang lolos uji kompetensi dan managerial kepada pansel. Pansel kemudian menyerahkannya kepada bupati, lalu dari bupati diserahkan ke Gubernur Jatim.

“Setelah mendapatkan persetujuan gubernur dikirimlah nama itu ke KASN untuk dilakukan pelantikan bulan Agustus 2017,” tukasnya.

Pansel sendiri terdiri dari 5 orang dan salah di antaranya berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Ketua Panselnya Drs. Masudi, M.Si, mantan Sekda Lumajang. SYAM