!-- Header -->
Lumajang Peristiwa Suara Desa

Musdes RKP Desa Kutorenon

Advertisement

LUMAJANG – Musdes Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang Tahun 2023, digelar di Balai Desa Kutorenon.

Kades Kutorenon, H. Faisal Rizal, dalam sambutannya, menyampaikan, ini merupakan RKP tahun 2023. Dua tahun lamanya Desa Kutorenon minim kegiatan karena penanganan fokus pada Covid-19, BLT. Ada kegiatan yang tertunda. Usulan warga juga banyak tidak terlaksana.

“Untungnya masih dibantu dewan, Deddy Firmansyah, anggota DPRD Lumajang”, ujarnya.

Disampaikan, yang menentukan berhasil tidaknya pembangunan di desa itu adalah masyarakat desa itu sendiri. “Pihak desa maupun dewan itu hanya sebagai fasilitator”, paparnya.

Kades Faisal juga menyentil normalisasi Sungai Curah Menjangan yang sudah mencapai 700 meter. “Ini ada hasilnya ketika hujan deras tidak meluap. Normalisasi ternyata sangat berpengaruh. Sebelumnya, sungai itu lebarnya tinggal 4 meter, sehingga air meluap air sungai Menjangan.

“Kini, bibir sungai kanan kiri itu sudah mencapai 20 meter. Kalau sudah finish 100 persen In Sya Allah Biting akan aman dari banjir”, pungkasnya.

Kades Faisal berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan atas normalisasi tersebut. “Saya tidak memperdulikan satu dua orang tapi beribu orang. Alhamdulillah kegiatan normalisasi tidak ada yang menentang. Artinya ini  kesadaran masyarakat agar desanya aman dari banjir”, ujarnya.

Kades Faisal berharap, ada Jalan Lintas Kutorenon setelah normalisasi Sungai Curah Menjangan selesai. “Kalau normalisasi selesai, masyarakat Kutorenon bisa melakukan kerja bakti untuk membersihkan calon JLK”, ujarnya.

Sementara itu, Deddy Firmansyah, anggota Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, saat diberikan kesempatan memberikan sambutan, mengatakan, masyarakat Kutorenon tetap bersama sama dalam membangun desanya.

“Tidak ada ego sektoral, apakah ini bukan RT-RW saya dan seterusnya”, tuturnya. Deddy, panggilan karibnya, juga menyampaikan kita harus bangga karena di Porprov ini Lumajang menjadi tuan rumah, termasuk Kutorenon menjadi tempat Arum Jeram.

Dia juga menyinggung soal JLK yang akan dijadikan Jogging track maupun lainnya. Semua bisa terwujud dengan kebersamaan. Menyinggung soal normalisasi, Sungai Curah Menjangan Kutorenon, kata Deddy, menjadi skala prioritas di Jawa Timur untuk dinormalisasi.

“Yang jadi PR sekarang adalah genangan air di Jalan Srikaya”, pungkasnya. Acara tanya jawab dipandu oleh Kang Roy, Wakil Ketua BPBD Desa Kutorenon. RED

Post Comment