!-- Header -->
Partisipasi Masyarakat Kutorenon Tinggi
Politik & Pemerintahan Suara Desa

Partisipasi Masyarakat Kutorenon Tinggi

LUMAJANG – Partisipasi masyarakat Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Lumajang Jawa Timur, menurut Deddy  Firmansyah, anggota DPRD Kabupaten Lumajang, tidak lepas dari kecekatan panitia dan kreatifitas Tim Kreasi.

“Panitia, jauh – jauh hari sebelumnya sudah  berpikir untuk mengantisipasi minimnya tingkat kehadiran masyarakat. Dibantu Tim kreatif, munculah ide menarik, yakni konsep Djadoel”, ujarnya di lokasi pencoblosan.

Di samping konsep pakaian Djadoel saat pencoblosan, Tim Kreatif dan panitia melakukan terobosan pemberian ribuan voucher makan gratis dan kupon undian berhadiah yang jumlahnya sangat banyak.

“Mereka diberi voucher dan kupon. vouchernya ditukar dengan makan gratis di lokasi pencoblosan. Sedangkan kuponnya dimasukkan ke kotak yang tersedia untuk diundi”,  ujar Dedy, panggilannya.

Karena itu, hampir 80 persen warga Kutorenon yang memiliki hak suara, hadir ke TPS di lapangan Minak Koncar. Di samping itu, kesadaran mereka untuk memilih pemimpinnya terus semakin tumbuh”, ujarnya.

Sebagai Ketua Tim Kreatif, Deddy bersyukur kepada warga Desa Kutorenon karena sudah berpartisipasi pada pilkades ini.

Dipaparkan, kreatifits ini dibuat agar masyarakat nyaman, tenang, dan bisa datang ke pilkades tanpa beban, apalagi intimidasi. Karena menurut dia, suksesnya sebuah pesta demokrasi bukan hanya diukur soal keamanan, kenyamanan, dan kondusifitas. Tapi juga tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkades.

Diakuinya, ini ini muncul dari acara Djadoel yang dilakukan Pemkab setiap tahun. Antusiasme masyarakat untuk datang ke acara Djadoel cukup besar. Di sana antusias.

“Dari segi partisipasi publik, tingkat kehadiran 75 persen ke atas misalnya, sudah cukup bagus”, tutur pria yang dua peeperi menjadi anggota DPRD Lumajang.

Deddy berharap dibawah kepemimpinan H. Faisal Desa Kutorenon semakin maju ketimbang sebelumnya. DIN

Post Comment