Advertisement
!-- Header -->
Komunitas Lumajang Suara Desa Video

Pawon Urip Perumahan Biting Terus Bergerak

Advertisement
PAWON URIP : Kerja bakti Pawon Urip RT 02 RW 11 Perum Bumi Biting Indah Kutorenon Lumajang. RED

LUMAJANG –  Warga Perumahan Bumi Biting Indah, RT 02 RW 11,  Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, memanfaatkan lahan sekitar rumah mereka yang dianggap produktif untuk ditanami sayur mayur dan rempah-rempah.

Mereka memulai menanam sayur mayur dengan cara kerja bakti pada Minggu, 17 Juli 2022 pagi. Dimulai dengan mencangkul lahan dan mencampur tanah dengan pupuk kompos dan pupuk kandang. Tonton juga : 

Kebetulan di sekitar RT 02 RW 11 ada lahan di pinggir jalan yang selama ini ditumbuhi tanaman bunga biasa dan tidak terlalu bermanfaat bagi warga sekitar RT ini.

“Biar lebih produktif kita tanami sayur mayur. Biar bisa diambil manfaatnya khususnya RT. 02 RW 11”, ujar Maisaroh penanggung jawab Pawon Urip RT. 02 RW 11 saat melakukan kerja bakti.

Hal yang sama disampaikan oleh Bendahara Pawon Urip RT. 02 RW 11, Titis. Menurutnya, selain ingin memanfaatkan lahan yang nganggur, ini juga sebagai tindak lanjut dari Program Desa Kutorenon untuk menghidupkan dan menggalakkan Pawon Urip.

“Kita manfaatkan lahan sekitar agar lebih produktif. Kita fokuskan dulu di lahan ini sambil mencari lagi mana lahan kosong di sekitar rumah warga RT. 02 RW. 11 yang bisa dimanfaatkan”, ujarnya.

Pihaknya, ujar Titis, tidak fokus pada satu lokasi untuk dijadikan Pawon Urip. Karena, pada dasarnya Pawon Urip itu semangatnya bukan menanam sayur mayur di lahan pertanian sebenarnya, tapi memanfaatkan sejengkal dua jengkal lahan di sekitar rumah yang bisa dimanfaatkan.

Kerja bakti Pawon Urip RT 02 RW 11.

“Hasilnya bisa dinikmati bersama warga sekitar. Syukur syukur kalau tanaman tersebut menghasilkan uang dan dimanfaatkan untuk kegiatan lingkungan”, imbuhnya.

Kerja bakti ini tidak hanya diikuti oleh ibu-ibu Pengurus Pawon Urup tapi juga seluruh bapak-bapak RT. 02 RW. 11 terjun langsung bersama-sama sejak pagi hingga siang hari. Mereka terlihat ganyeng  penuh keakraban.

Selanjutnya, setelah makan dan ngopi bersama mereka membuat jadual piket menyiram tanaman tersebut setiap hari. RED

Post Comment