!-- Header -->
Hukum Peristiwa

Pelaku Perburuan di Alas Purwo Diburu

BANYUWANGI – Kasus dugaan perburuan satwa yang terjadi di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur, Seksi 2 Resort Jatipapak, yang terjadi sekitar bulan Juni lalu, telah ditangani pihak Gabungan Penegakan Hukum (GAKKUM) dan Polsek Tegaldlimo.

Menurut Novi, Kepala Seksi 2 Taman Nasional Alas Purwo, saat dihubungi awak media menegaskan, kasus tersebut kini telah ditangani GAKKUM.

“Mohon maaf saya tidak bisa memberikan informasi untuk kasus tersebut. Sekarang ditangani oleh Balai Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Bali Nusra di Surabaya,” ungkapnya via seluler, Selasa (29/9/2020).

Sementara itu, Kapolsek Tegaldlimo, AKP Priyono, menjelaskan, perkara tersebut masih dalam tahap lidik.

“Kita sudah lidik dan sudah menetapkan DPO. Untuk perkaranya juga ditangani GAKKUM karena pihak Taman Nasional mempunyai penyidik sendiri untuk laporan polisi ke kita,” tandasnya.

Terdengar kabar santer, bahwa orang tua terduga pelaku perburuan tersebut menjadi korban pemerasan oleh oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dengan iming iming kasus tersebut tidak berlanjut dengan memberikan uang puluhan juta kepada oknum LSM tersebut.

Namun sayangnya orang tua terduga pelaku berinisial SG, ketika ditanya tentang rumor itu terkesan tutup mulut, seolah tidak tahu menahu tentang kasus yang diduga menimpa anaknya. Menurut Ibu dari terduga pelaku, kini anaknya telah berada di luar negeri.

“Saya sudah lama tidak dengar kabar anak saya, mas. Kalau katanya anak saya terlibat kasus perburuan sapi, malah saya tidak tahu,” ujarnya berkilah. WAN-RED

Post Comment