!-- Header -->
Lumajang Politik & Pemerintahan

Pembahasan RAPBD Lumajang 2021 Masih Dikaitkan Peningkatan IPM

LUMAJANG – Agenda penyampaian nota penjelasan Bupati terhadap RAPERDA pengelola keuangan daerah Kabupaten Lumajang tahun 2020 dan penyampaian nota penjelasan Bupati terhadap RAPBD Kabupaten Lumajang tahun anggaran 2021, Senin (9 Nopember 2020), digelar secara virtual.

Rapat digelar di dua lokasi berbeda. Bupati Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Indah Amperawati, berada di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang. Sementara anggota dewan berada di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Lumajang.

Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin, memimpin langsung rapat tersebut. Rapat digelar secara virtual sebagai bentuk kepatuhan kepada protokol kesehatan Covid-19.

Cak Thoriq, panggilan karib Thoriqul Haq menyampaikan, pengelolaan keuangan daerah adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggung jawaban, dan pengawas keuangan daerah.

Kemudian, fokus utama kebijakan RAPBD Kabupaten Lumajang tahun anggaran 2021 masih dikaitkan dengan upaya peningkatan angka IPM (Indek Pembangunan Manusia). Sedangkan bidang kesehatan fokus penanganan kesehatan akibat Pandemi Covid-19, peningkatan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan dan kualitas sumber daya manusia. Selain itu, pemerintah juga fokus pada pendidikan dan infrastruktur, terutama kondisi jalan rusak.

RAPAT VIRTUAL : Bupati dan Wabup Lumajang, saat mengikuti rapat paripurna. RED

“Selain bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur, pemerintah juga mempunyai kebijakan di bidang transportasi dan perhubungan, pariwisata, kependudukan, sosial, koperasi dan usaha mikro, pertanian dan pangan, serta mengalokasikan belanja hibah untuk penguatan modal, pendidikan, dan hibah bidang keagamaan,” tuturnya.

Bunda Indah, di tempat yang sama berharap agar TAPD, Badan Anggaran, dan seluruh fraksi serta komisi DPRD dan seluruh SKPD sebagai mitra kerja dapat menyelesaikan pembahasan RAPBD tahun anggaran 2021 tepat waktu.

Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Lumajang dan Kadishut Pemkab Lumajang ini juga berpesan agar rapat-rapat lanjutan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, serta memanfaatkan waktu pembahasan secara efektif dan efisien. RED

Post Comment