Advertisement
!-- Header -->
Hukum Lumajang Peristiwa

Posyandu Khusus ODGJ Muncul Dari Keprihatinan

MAGETAN – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) biasanya dikenal hanya melayani para balita dan lansia. Namun berbeda dengan Desa Pupus, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan yang memiliki Posyandu khusus untuk melayani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Kemunculannya, berawal dari keprihatinan terhadap banyaknya warga Desa Pupus yang mengalami depresi ataupun gangguan jiwa. Sejak 2019 dibentuklah “Posyandu Jiwa Sido Waras,” sesuai harapan.
“Dinamakan demikian agar pasien yang berobat kesini jadi waras atau sembuh,” terang Sri Susana, selaku Pembina Posyandu ODGJ, Sabtu (21/1/23).

Pelayanan Posyandu ODGJ rutin dilaksanakan setiap tanggal 21 setiap bulan di pelataran Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) Pupus. Posyandu tersebut mengadakan kegiatan rutin, dimulai dengan senam kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Sri Susana mengungkapkan, bahwa pasien yang aktif hadir dalam pemeriksaan tersebut sebanyak 25 orang. ODGJ mendapatkan pemeriksaan tensi, pengukuran berat badan dan lingkar perut, pemberian obat, serta pemberian suntik bagi yang membutuhkan.

“Pasien yang aktif hadir sekitar 25 orang. Kalau data keseluruhan yang pernah berobat kesini mencapai 94 orang, tapi mayoritas pasien sudah sembuh. Itupun juga bukan dari Pupus saja, juga ada dari desa bahkan kecamatan tetangga. Alhamdulillah adanya Puskesmas ini bisa membantu meringkankan mereka untuk berobat,” ungkapnya.

Para kader Posyandu juga sering mengadakan pelatihan keterampilan, bahkan juga memiliki pasien unggulan yang mahir menyanyi dan bermain alat musik.

“Di sini kita berharap agar mereka tidak dikucilkan dan bisa bersosialisasi seperti biasa. Mungkin mereka punya kekurangan di segi mental, tapi pasti ada bakat yang bisa ditonjolkan. Untuk itu kita mencari bakat mereka agar mereka setara di masyarakat,” tutur Sri.

Kader Posyandu berkomitmen selalu sigap untuk memberikan pelayanan terbaik. Pihaknya mengaku bahwa akan mendatangi pasien secara langsung ke rumahnya untuk memberikan terapi atau pengobatan.

Dikatakan lebih lanjut, apabila kondisi pasien tidak memungkinkan untuk ditangani di Posyandu, maka akan dibantu pula untuk rujukan ke Rumah Sakit Jiwa.

Pemerintah Desa Pupus, memberikan perhatian teehadap Posyandu ODGJ tersebut.. Menurut informasi, nantinya kegiatan para ODGJ akan berpusat di gedung baru yang saat ini masih dalam tahap renovasi.(Ddn// Sumber: Diskominfo Kabupaten Magetan) HMS-RED

Post Comment

  Canva Pro Crack Filmora Pro Crack Spotify Premium Free Download Tradingview Premium Free