Advertisement
!-- Header -->
Pendidikan dan Agama Peristiwa

Peringati 1 Suro dengan Kegiatan Positif

Advertisement

MADIUN – Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Madiun untuk memperingati malam 1 Suro/ Muharram dengan kegiatan-kegiatan positif. Ia yakin, seluruh masyarakat mampu menjaga kondusifitas malam sakral bagi orang Jawa tersebut

Bupati Madiun menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Suro 2022 di Alun-alun Kota Madiun, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Madiun Kota AKBP Suryono, Jumat (29/7/22).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Madiun dan Kota Madiun. Operasi aman suro tersebut akan melibatkan 1.300 personil gabungan yang terdiri atas Polri,TNI, Pemerintah, serta Pamter.

Sementara itu, Kapolres Madiun Kota, AKBP Suyono, menjelaskan, bahwa peringatan 1 Suro/ Muharram ini tidak ada konvoi ataupun arak-arakan yang menganggu maayarakat.

“Tentunya daerah melihat situasi, yang jelas tidak ada konvoi atau arak-arakan dalam rangka kegiatan malam 1 suro (1 Muharram 1444 H), semuanya dilaksanakan di rumah masing-masing dan tempat ibadah sehingga tidak menggangu masyarakat yang lain,” jelas Suryono usai memimpin apel.

Lanjutnya, malam 1 Suro / 1 Muharram dalam budaya masyarakat Jawa dianggap sakral. Banyak masyarakat yang memiliki tradisi untuk memperingati setiap Malam 1 Suro tersebut.

Pada operasi pasukan kali ini tidak ada penyekatan. Suryono menghimbau agar seluruh masyarakat saling menjaga kondusifitas pada malam suro tersebut dengan tidak melakukan konvoi atau arak-arakan.

“Kegiatannya preemtif dan preventif tetapi ketika ada tindak pidana yang dilakukan maka dilakukan tindakan hukum tegas di lapangan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” pungkasnya. (Ddn// sumber : Prokopim Kab. Madiun).

Post Comment