Advertisement
!-- Header -->
Kesehatan Lumajang Politik & Pemerintahan

Pesan Bunda Indah, Wabup Lumajang Atasi Corona

Advertisement

LUMAJANG – Wabup Lumajang, Jawa Timur, Hj. Ir. Indah Amperawati, M.Si, menyampaikan pesan kepada masyarakat lewat Facebook nya, hari ini, Senin, 30 Maret 2020. Berikut isinya :

“14 HARI
MENENG NANG OMAH
NENGNENG NENG BUNGKOH
DIAM DI RUMAH
STAY AT HOME
待在家里

Dài zài jiālǐ

adalah satu hal yg paling wajib dilakukan untuk mencegah penularan covid 19.
Kab lumajang hari ini sdh 3 positif. Percayalah kalau masyarakat tidak patuh terhadap anjuran pemerintah maka covid ini semakin menyerang lbh cepat lagi. Kumpul2 di warung hentikan, kumpulan2 dlm bentuk apapun hentikan. Aku lho rek kate mantu tak tunda nunggu wabah corona hilang.

JANGAN ANGGAP REMEH VIRUS INI, TAPI JUGA JANGAN PANIK.
Lumajang ini kota kecil, Rmh sakit yg kita miliki juga terbatas SDM tenaga medisnya, termasuk sarana prasarana. Ayolah masyarakat Lumajang, pahami ini sebagai bagian dari menjaga bersama kabupaten Lumajang. Cak thoriq dan saya sungguh TIDAK TEGA melihat tim medis kita bekerja 24 jam. Tidak pulang ke rmh karena mereka khawatir membawa virus ke dlm rumah.

WABUP INDAH : Bunda Indah (kiri) bersama rakyat Lumajang, sedang naik odong-odong. (foto diambil sebelum ada virus Corona). DIN

Meskipun itu profesi dan tugas mereka, tapi mereka juga punya anak, istri dan keluarga. APD unt tenaga medis terus kita upayakan unt terpenuhi, sebagian sdh pesan namun blm dtg. Ruang isolasi di RSU dr haryoto sdh terpisah dg ruang perawatan lainnya, dan tdk boleh dikunjungi oleh siapapun kecuali penunggu 1 org tdk boleh berganti ganti dan nunggunya di luar. Ketika pasien butuh dibantu maka penunggu masuk dg APD yg standart. Ini juga HARUS DIPAHAMI oleh keluarga pasien.

JANGAN NGEYEL, JANGAN SOK, hingga membahayakan bnyak orang. Klu ruang isolasi penuh kita akan siapkan slh satu puskesmas / Rmh sakit kecil di kosongkan unt ruang isolasi. Smntara RS rujukan kedua adalah RS Jatiroto.

Sesungguhnya virus corona ini obatnya adalah isolasi mandiri di rmh 14 hari, cukup vit C dan zat besi, sayur yg mengandung ke dua zat tsb ( kelor, bayam dll), ikan , telor, buah. Berjemur matahari jam 10 pagi, jaga kebersihan, cuci tangan pakai sabun sesering mungkin. Pakai masker. Kita semua yakin Ketahanan tubuh yg kuat membuat virus tsb melemah dg sendirinya…..”.

#STAYATHOME14HARI
#OJOOMONGTOKAYODILAKONI
#AKUKUDUOMONGOPOMANEHSIIH. (Redaksi).

Post Comment