!-- Header -->
Advertisement
Lumajang Segera Gelar Pilkades Serentak di 8 Desa
Politik & Pemerintahan Suara Desa

Lumajang Segera Gelar Pilkades Serentak di 8 Desa

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com  – Akhir tahun ini, Lumajang akan kembali menggelar pemilihan kepala desa (pilkades). Ada 8 desa yang akan segera menggelar pesta demokrasi di tingkat desa ini.

Ke delapan desa yang dimaksud antara lain Desa Candipuro, Tempeh Tengah, Tempeh Lor, Tukum, Umbul, Tempurrejo, Jatigono Kunir, dan Penanggal.

“Ada 8 desa yang akan menggelar pilkades dan saat ini kades yang sudah Pj Desa Candipuro, Tempeh Tengah, dan Kunir. Sedangkan yang mau Pj adalah Desa Penanggal dan Tempeh Lor. Sementara Desa Umbul,Tukum, dan Tempurrejo kemungkinan di Plh karena jabatan untuk mengisi kekosongan kades yang habis masa bhaktinya hanya 2 hari,” ujar Patria, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melalui Kasi Kelembagaan, Aksanul Inam, Rabu (14/7).

Dijelaskan, mekanisme pilkades serentak ini diawali dengan pembentukan panitia pilkades di tingkat kabupaten, tingkat kecamatan, dan desa. Panitia tingkat kabupaten dibentuk oleh bupati, tingkat kecamatan dibentuk oleh camat, dan tingkat desa oleh BPD.

“Pertama dipastikan hari H pelaksanaan pilkades di desa tersebut. Kemudian pembentukan panwascam,” ujarnya.

Panitia kabupaten melibatkan berbagai unsur terkait di lingkungan Pemkab Lumajang. Untuk tingkat Kecamatan ditentukan oleh camat dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan (sekitar 7 orang). Sedangkan di tingkat desa panitia sesuai banyaknya dusun.

“Panitia inti ada 5 orang ditambah anggota sesuai besaran jumlah hak pilih,” pungkasnya. Pembentukan panitia kabupaten diagendakan pada Juli 2017.

Dia juga menyampaikan, Panitia pemilihan desa mengajukan RAB sesuai pagu yang ada. Setelah itu membuka pengumuman dan pendaftaran. SYAM

Kasi Kelembagaan DPMD Pemkab Lumajang, Aksanul Inam (duduk). DIN