!-- Header -->
Peristiwa

Polisi Kampanye Tanggulangi Penyakit Mulut dan Kuku

Advertisement

MAGETAN -Polres Magetan mendukung program pemerintah terkait penanggulangan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak. Polres Magetan bekerjasama dengan Dinas Peternakan Magetan melakukan kampanye pemeriksaan ternak di Pasar Pahin, Desa Selopanggung, Ngariboyo, Rabu (11/05/22).

Petugas gabungan memeriksa dan mengelola suntikan vitamin dan desinfektan untuk ternak di Pasar Selopanggung, serta memberikan edukasi dan bakti sosial terkait PMK (penyakit mulut dan kuku) bagi pedagang sapi dan kambing.

Kapolres Magetan, AKBP Yakhob Silvana Delareskha, SIK., M.Si dalam keterangannya, menegaskan jika diarahkan oleh pimpinan, Polri akan bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan instansi terkait untuk berkoordinasi dalam rangka penanganan penyakit mulut dan kuku pada ternak, yang saat ini sedang ramai dibicarakan tentang penularan di beberapa daerah di Indonesia.

“Kita akan terus bersinergi dan kolaborasi dengan dinas peternakan dan perikanan Magetan untuk pendataan guna menginvetarisasi kerawanan penyakit ternak dan pengecekan guna mencegah penularan dan penyebaran PMK ternak agar tidak terjadi di Magetan,” ungkapnya.

Kapolres menjelaskan jika kegiatan pengecekan secara acak ke pasar-pasar hewan di Kabupaten Magetan dilakukan menyusul ditemukannya kasus PMK (penyakit mulut dan kuku) hewan ternak di beberapa daerah di Jawa Timur.

“Di beberapa kota di Jawa Timur sudah ditemukan beberapa kasus PMK pada hewan ternak, kita segera mengantisipasinya berkoordinasi dengan dinas terkait terutama dinas peternakan dan perikanan agar tidak sampai ada penyebaran di Magetan,” jelasnya.

SOSIALISASI : Polres Magetan mendukung program pemerintah terkait penanggulangan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak. RED

Kapolres Magetan mengungkapkan pihaknya siap bekerja sama dengan Dinas terkait untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di wilayah Kabupaten Magetan.

Polisi juga senantiasa siap melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternak sapi dan kambing dengan terus memberikan sosialisasi, imbauan dan edukasi kepada masyarakat, agar tetap tenang.

Dikatakannya, sejauh ini belum ditemukan kasus PMK di wilayah Kabupaten Magetan, contohnya

hari ini dilakukan di pasar Pahingan Desa Ngariboyo, petugas dari Dinas peternakan Magetan memberikan suntikan vitamin dan disinfektan terhadap 100 ekor sapi dan 50 ekor kambing. (Ddn//sumber : siHumas Polres Magetan)

Post Comment