!-- Header -->
Lumajang Peristiwa Politik & Pemerintahan

Polres Lumajang Kukuhkan UKL Reaksi Cepat Anti Bandit

LUMAJANG – Polres Lumajang, hari ini, Sabtu, 14 Maret 2020, menggelar Apel Bhabinkamtibmas dan Pengukuhan Unit Kecil Lengkap Reaksi Cepat Anti Bandit (UKL RCAB) Anti Bandit, di depan Pasar Baru Lumajang, Jawa Timur.

Acara apel dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Sebelum sambutan dari Kapolres Lumajang, acara pemberian reward SKD Desa Condro dan Polsek Pasirian yang berprestasi di bidang keamanan. Penghargaan diberikan  Oleh Kapolres Lumajang AKBP Adewira Nagara Siregar.

Kemudian dilakukan pengukuhan UKL Reaksi Cepat Anti Bandit Polres Lumajang. Dalam amanatnya, Ade Wira, menyampaikan, dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas wilayah hukum Polres Lumajang yang tetap aman dan kondusif, maka pada hari ini seluruh anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Lumajang dalam rangka menyamakan persepsi untuk menghadapi tantangan tugas di tahun 2020.

Tantangan tugas Bhabinkamtibmas yang semakin berat, harus dideteksi dini terhadap situasi Kamtibmas di wilayahnya masing-masing dan harus mampu melakukan pendekatan ke seluruh stakeholder di desanya untuk menggali informasi terkait bagaimana menjaga Kamtibmas.

“Sehingga laporan informasi yang dibuat oleh bhabinkamtibmas dapat digunakan dalam pengambilan kebijakan keputusan untuk menentukan upaya atau tindakan tindakan”, ujarnya.

Polres Lumajang yang mempunyai kewenangan menyelesaikan masalah bersama tiga pilar, yaitu Babinsa dan kepala desa bersama tokoh masyarakat. Sehingga persoalan sekecil apapun dapat diselesaikan secara holistik dan komprehensif.

Polres Lumajang, dalan menghadapi gangguan Kamtibmas, melakukan strategi  program tangguh, yaitu tanggap, aktual, normatif, giat, unggul dan harmanis. “Dimana di dalam program tersebut ada beberapa kegiatan sehingga Polres Lumajang di Kabupaten Lumajang mampu melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, serta menegakkan hukum guna mendukung program tersebut”, paparnya.

Dijelaskan, karakteristik wilayah yang sangat kompleks khususnya, maka perlu dibentuk Unit Kecil Lapangan Reaksi Cepat yang bertujuan untuk menekan atau meniadakan gangguan Kamtibmas.

ANTIBANDIT : Polres Lumajang membentuk tim ANTIBANDIT, Sabtu, 14 Maret 2020.DIN-NDY

Ini merupakan gabungan Tim Cobra dan Tim Panther yang telah terbentuk sebelumnya. Harapannya adalah tim ini mampu bereaksi cepat untuk mendatangi setiap tempat kejadian perkara, khususnya kejadian curas, curat, curanmor, dan pencurian hewan, di kejadian tersebut terjadi pada hari ini.

“Saya juga memberikan reward kepada Bhabinkamtibmas Polsek Pasirian dan nama anggota SKD Desa Condro, Bapak buyan, yang telah berhasil menggagalkan dan menemukan pencurian hewan ternak berupa sapi limosin beberapa waktu yang lalu. Ini dapat dijadikan pelecut semangat untuk para bhabinkamtibmas dan seluruh anggota SKD yang ada untuk menjadi mitra Polres Lumajang dalam menekan dan meminimalisir kejahatan”, imbuhnya.

Usai ditutup doa, digelar atraksi bandit yang bereaksi di Lumajang. NDYDIN

 

Post Comment