!-- Header -->
Lumajang Pariwisata Peristiwa Politik & Pemerintahan

Potensi Wisata Kelas Internasional, Cak Thoriq Fasilitasi Informasi Center di Pronojiwo

Advertisement

LUMAJANG – Pengelolaan wisata di wilayah Kecamatan Pronojiwo yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis dinilai cukup baik. Hal tersebut medapatkan apresiasi dari Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat Jagong Bareng di Lapangan Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Sabtu (8/10).

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan, banyaknya spot wisata di Kecamatan Pronojiwo menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Sampai hari ini, pengelolaannya dilakukan secara mandiri oleh masyarakat, termasuk Sarkawi, Tumpak Sewu dan beberapa spot wisata lainnya.

“Ini masyarakat mandiri sudah bener, potensi wisatanya dikelola pokdarwis ini sudah bagus, masyarakatnya tidak bergantung sama pemerintah,” ungkapnya.

Bahkan wisatawan asing sudah banyak lalu lalang di jalanan Pronojiwo. Penginapan, homestay, guest house pun mulai ramai dengan pengunjung baik dari wisatawan asing maupun lokal. Potensi tersebut, sudah seharusnya dimanfaatkan dengan menambah paket wisata dengan kuliner, sajian khas masyarakat Pronojiwo.

Dalam kegiatan Jagong Bareng, banyak ide yang disampaikan perwakilan Pokdarwis untuk menunjang sektor pariwisata di Kecamatan Pronojiwo. Salah satunya, keinginan Pokdarwis untuk membuat informasi centre yang berfungsi sebagai pusat informasi wisata dan fasilitas penunjang wisata, termasuk kuliner dan produk UMKM khas Pronojiwo.

“Nanti saya kordinasikan dulu terkait gedungnya yang akan digunakan menjadi informasi center ini, ini harapannya menjadi informasi pariwsata terpadu, semua disitu berkumpul terkait potensi wisata yang ada, tapi ini harus bareng-bareng ya,” kata Bupati. (Kominfo-Lmj/RED)

Post Comment