!-- Header -->
Lumajang Pendidikan dan Agama Peristiwa

PPP Berqurban, H. Akhmat : Hakikat Qurban Bukan Sapi atau Kambing

LUMAJANG – Bertempat di Kantornya, Sabtu (1 Agustus 2020) pagi, DPC PPP (Partai Persatuan Pembangunan) Kabupaten Lumajang, melaksanakan qurban. Seluruh kader PPP se- Kabupaten Lumajang (DPC, PAC, Ranting, WP, GPK), masyarakat sekitar, dan simpatisan PPP hadir

Menurut H. Akhmat, ST, Ketua DPC PPP Kabupaten Lumajang, pelaksanaan qurban ini tidak hanya sekedar kegiatan ceremony. Di dalamnya terdapat nilai spiritual, sosial, dan sejarah.

“Ada tiga teladan dalam qurban ini. Pertama kesabaran, kedua keiklasan, dan ketiga ketakwaan”, ujarnya saat memberikan sambutan. Bahwa kita semua, kata H. Akhmat, bisa memetik pelajaran dari sejarah Nabiyullah Ibrahim A.S. saat diperintahkan Allah SWT menyembelih Nabi Ismail A.S, anaknya sendiri.

Bagaimana kepatuhan beliau dalam menjalankan perintah, kesabaran beliau dalam menjaga amanah meskipun sejatinya hal tersebut amatlah berat. “Kita bisa menjadikan Nabi Ibrahim sebagai suri tauladan bagaimana cara kita berhamba. Kedua keikhlasan. Hal tersulit dalam hidup ini adalah mengamalkan perintah yang disebut ikhlas. Untuk itu perlu latihan secara berkelanjutan untuk mengasahnya”, tuturnya.

Banyak sekali, ungkap dia, orang-orang yang mampu secara finansial namun masih enggan beramal. Pelaksanaan qurban ini adalah salah satu wahana untuk terus mengasah keikhlasan atas apa yang telah Allah titipkan.

QUBAN PPP LUMAJANG : DPC PPP Kabupaten Lumajang, saat menyembelih hewan qurban. RED

“Ketiga ketaqwaan. Sudah menjadi fitrah setiap makhluk hidup untuk senantiasa beribadah dan meningkatkan ketaqwaan kepada sang Kholiq. Oleh karena itu sangat wajar sebagian nikmat yang kita peroleh tersebut digunakan untuk menaati perintah Allah s.w.t dengan berqurban”, selorohnya.

Sebelum mengkhiri sambutannya, Wakil Ketua DPRD Lumajang ini meyampaikan, hidup adalah timbal balik. Apa yang kamu berikan akan kembali. Apa yang kamu tanam akan tumbuh. Dan apa yang kamu korbankan akan berbuah pahala.

“Bukan kambing atau sapi yang menjadi hakikat dari qurban, tetapi tawadhu (kerendahan hati) dan keikhlasan. Itulah makna qurban yang sebenarnya. Atas nama DPC PPP Kabupaten Lumajang saya ucapkan Selamat hari Raya Idul Adha 2020,” imbuhnya. RED

Post Comment