!-- Header -->
Prihatin Banyak Jalan Rusak Parah, Rofik-Nurul Siap Benahi Total
Suara Desa

Prihatin Banyak Jalan Rusak Parah, Rofik-Nurul Siap Benahi Total

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.COM – Kondisi jalan di Kabupaten Lumajang, terutama di daerah pedesaan, rusak parah. Saking parahnya, kendaraan roda 2 dan roda 4 harus berhati-hati ketika melintas di jalan itu.

Pantauan langsung media ini, jalan rusak hampir merata menyebar di kecamatan-kecamatan di Lumajang. Beberapa di antaranya di Kecamatan Padang, Gucialit, Pronojiwo, Tempursari, Randuagung, Senduro, Rowokangkung, dan kecamatan-kecamatan lainnya. Terlihat aspalnya banyak mengelupas (hancur tergerus air), berlobang, bahkan  ada yang tinggal batu-batu sebesar kepala manusia dan licin.

TURUN LANGSUNG: Cawabup Lumajang, Ir. Nurul Huda, jalan kaki di jalan rusak berat, saat menemui rakyat langsung di desa-desa di Lumajang. (foto NR)

Parahnya, menurut warga sekitar, jalan rusak ini sudah bertahun-tahun lamanya dan seperti dibiarkan begitu saja. “Sudah tahunan, pak. Gak diperbaiki. Bapak merasakan sendiri pas lewat jalan tadi. Apalagi saat hujan, licin dan membahayakan pengguna jalan. Kalau gak hati-hati bisa terperosok, jatuh ,” ujar warga Desa Jeruk Gucialit.

Kondisi tersebut membuat Aba Rofik dan Nurul Huda (Calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Periode 2018-2023) prihatin dan geleng-geleng kepala. Menurutnya, jalan rusak membuat pengguna jalan tidak nyaman, akan menghambat perekonomian masyarakat, dan bisa menimbulkan terjadinya aksi kejahatan.

“Ini fakta dan persoalan serius untuk diselesaikan dengan cepat. Jangan bicara tentang kesejahteraan dan penghargaan-penghargaan yang diterima kalau masyarakatnya belum merasakan  kenyamanan di tempatnya sendiri’, ujar Aba Rofik.

Oleh karena itu, bersama Cawabup Ir. Nurul Huda, Aba Rofik berkomitmen untuk memperbaiki seluruh infrastruktur terutama jalan rusak. “Ini bukan janji, tapi komitmen. Kita sudah memasukkan program kerja perbaiki infrastruktur di seluruh Kabupaten Lumajang. Inilah fungsinya kita turun langsung ke masyarakat biar tahu sendiri kondisinya”, tukasnya.

 

PARAH ! : Ini foto salah satu jalan rusak dan sekian banyak jalan rusak berat di Lumajang. (foto NR)

Ir. Nurul Huda, menambahkan, pihaknya sudah menghitung anggaran untuk perbaikan seluruh infrakstuktur jalan se Kabupaten Lumajang. Dalam waktu tidak lama, jalan-jalan rusak bisa menjadi mulus. “Perbaikan jalan tidak bisa ditunda-tunda lagi untuk ditangani karena sudah sangat parah dan tidak layak dilewati,” ujar Nurul, panggilan karibnya.

Selain perbaikan infrasktur jalan, bersama Aba Rofik, dirinya akan membuat Penerangan Jalan Umum (PJU) di seluruh desa se Kabupaten Lumajang. “Kalau jalannya mulus dan terang benderang, masyarakat tidak akan takut lagi keluar rumah. Disamping itu,  roda perekonomian masyarakat akan lebih mudah digerakkan,” papar mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini. FIK