!-- Header -->
Pulang Dari China 4 Warga Lumajang Diminta Tidak Keluar Rumah 14 Hari
Kesehatan Lumajang Politik & Pemerintahan

Pulang Dari China 4 Warga Lumajang Diminta Tidak Keluar Rumah 14 Hari

LUMAJANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meminta agar masyarakat Lumajang khususnya, tidak khawatir dengan kedatangan 4 warga Lumajang yang sudah pulang dari China. Apalagi sampai  memakai masker.

“Semuanya sudah pulang. Ada 4 orang. Sudah dilakukan pemeriksaan awal di RSUD dr. Haryoto Lumajang sesuai SOP. Mereka sudah berada di rumahnya masing-masing,” ujar Dr. Bayu Wibowo IGN, Kadinkes Lumajang, usai dilantik menjadi Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Lumajang, kemarin.

Namun demikian, kata dia, sebagai bentuk kewaspadaan, pihak Dinkes menugaskan surveilans mengamati dan mengawasi mereka. Bila ada keluhan sakit seperti batuk, pilek, panas diminta untuk segera ke puskesmas.

“Karena batuk, pilek, panas itu kan tidak hanya karena virus Corona. Orang biasa juga bisa kenak. Nanti ada  pengawasan.  Dan secara teori, masa inkubasi itu sampai 14 hari”, ujarnya.

Dijelaskan, pemeriksaan awal terhadap keempatnya sudah dilakukan di luar negeri. Sebelum mereka pulang ke Indonesia melalui pemeriksaan awal, termasuk ketika sampai di bandara ada pengecekan suhu badannya.

“Dari negara yang bersangkutan, tidak mungkin dipulangkan dalam keadaan  sakit”, selorohnya. Disinggung soal keharusan tinggal di rumah selama 14 hari, Bayu menyampaikan, himbauan tersebut hanya untuk meyakinkan kepada masyarakat sebagai bentuk pengamanan.

“Ini bentuk kewaspadaan saja. Meskipun sejak dipulangkan dari China sudah berapa hari,” imbuhnya. Mereka yang sudah di rumah adalah : Isma Nur Fadilah. Dia semester 4 Jiangsu Agri-animal Husbandry Vocational Vollege, jurusan Internasional Business, warga Dusun Sarirejo 11, RT 28/ RW 5, Kebonsari Sumbersuko. Muhammad Arif Hidayat, jurusan teknik automasi semester 2, Kampus Yangzhou, Politeknik Institute, asal Dusun Perjuangan, RT 13/ RW 3 Petahunan Sumbersuko. DIN

Post Comment