!-- Header -->
Pendidikan dan Agama Peristiwa

Puluhan Lansia Desa Janggan Semangat Sekolah

MAGETAN-Puluhan lansia Desa Janggan mengunjungi Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Desa Janggan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, Kamis (8/9/22) pagi.

Warga lanjut usia (lansia) desa di lereng Gunung Lawu itu, tampak bersemangat mengikuti kegiatan yang diprogramkan.

Para lanjut usia tersebut kelak akan diwisuda oleh Bupati Magetan, Suprawoto di Pendapa Surya Graha. Prosesi wisuda juga menggunakan toga dan jubah sebagaimana layaknya wisuda sarjana.

Kepala Desa Janggan, Hariyadi mengungkapkan, program selantang itu amat bermanfaat bagi lansia. Menurutnya, pertemuannya tidak terlalu sering. Artinya, tidak memberatkan para lansia.

“Ada 12 x pertemuan. Program Selantang ini akan berakhir enam bulan mendatang. Kami menyambut baik program ini, karena manfaatnya bisa dirasakan masyarakat lanjut usia di Janggan,” katanya.

Mbah Kaminem yang rumahnya dijadikan lokasi program Selantang, mengatakan, bahwa dirinya merasa terkejut. Namun, setelah dijelaskan bis menerimanya.

Nenek 70 tahun itu rumahnya 17 tahun digunakan lokasi Posyandu Lansia. “Awalnya nggih kaget mas. Wes tuwek kok dikon sekolah maneh. Tapi, akhirnya paham apa itu Sekolah Lansia Tangguh,” ujar Mbah Kaminem.

Program Selantang ini, di bawah binaan DPPKB & PA Pemkab Magetan. Itu melalui program Bina Keluarga Lansia (BKL). Seperti saat pembinaan oleh Balai Penyuluh KB Poncol dan Puskesmas setempat.

Di pihak lain, Koordinator Penyuluh KB Poncol, Margono dan Penyuluh KB, Ervan Yoga Nuswantara, menjelaskan apa itu Sekolah Lansia Tangguh. Di mana, salah satu tujuan sekolah agar Lansia menjadi Smart atau sehat, mandiri, produktif dan terampil. Serta materi pelajarannya berintikan tentang tujuh dimensi lansia tangguh.

“Yang penting mbah kung dan mbah uti mboten perlu bingung. Di sekolah lansia nanti ada pendidikan kesehatan dari Puskesmas, pendidikan keagamaan dari KUA dan lain sebagainya,” ungkap Margono.(Ddn// Sumber: Diskominfo Kabupaten Magetan)

Post Comment