!-- Header -->
Ratusan Barang Bukti Di Kejari Lumajang Dimusnahkan
Hukum

Ratusan Barang Bukti Di Kejari Lumajang Dimusnahkan

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Ratusan barang bukti (BB) hasil kejahatan yang diamankan oleh Kejari Lumajang selama kurun waktu setahun ini, dimusnahkan di Kantor Kejari Lumajang, pada Selasa, 24 Oktober 2017.

Barang bukti tersebut dikumpulkan di halaman Kejari kemudian secara bersama sama dibakar. Hadir juga dalam pemusnahan BB pihak kepolisian, BNN Kabupaten Lumajang, Pengadilan Negeri, dan Pemkab (Bagian Hukum).

H. Teuku Muzafar, SH, MH, Kajari Lumajang, menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan ini berasal dari 128 perkara. Beberapa di antarnya perkara miras, narkotika, judi, uang palsu, sajam, tambang, dan perkara-perkara lain.

“Barang bukti yang paling banyak adalah narkotika”, ujarnya, usai melakukan pemusnahan BB, di halaman Kantor Kejari Lumajang, Selasa (24/10) siang.¬†Dijelaskan, BB narkotika disebabkan karena narkoba sudah menyerang para pelajar. Bahkan pelajar yang miskin, pun terjerumus ke barang membahayakan ini dengan cara mengoplos.

“Yang tidak mampu beli miras, narkoba mereka minum oplosan. Bagi mereka yang penting bisa fly. Padahal oplosan juga bisa merusak jiwa mereka”, tukasnya.

Dikatakan, BB tersebut merupakan perkara tahun ini dan sebagian lagi tahun 2016. Pihaknya, ungkap dia, berkomitmen memberantas tindak kejahatan dan memusnahkan BB.

“Ini komitmen kita. Kita harus tertib hukum. Setelah perkaranya diputus BB nya langsung dikumpulkan dan dimusnahkan biar tidak menumpuk”, paparnya. Pemusnahan ini dilakukan untuk mengurangi kejahatan. DIN