!-- Header -->
Pariwisata

Ratusan Pemuda Hebat Hadir di Unmuh Ponorogo

PONOROGO-Ratusan pemuda hebat dan youtuber menghadiri workshop event management di Expotorium Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO), Rabu (31/8/2022) pagi.

Workshop tersebut digelar Pemkab Ponorogo bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) untuk menggali potensi yang mampu memberi sumbangan besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) itu.

Dekan Fakultas Ilmu Aosial dan Ilmu Politik Univeraitas Muhammadiyah Ponorogo, Ayub Dwi Anggoro menjelaskan, tema kepariwisataan ikut dibahas di depan ratusan pemuda hebat Ponorogo yang mayoritas Youtuber itu.

“Mereka menjadi konten kreator yang mempromosikan potensi pariwisata di desanya masing-masing,” ujarnya.

Menurutnya, peserta workshop bakal mendapatkan pengetahuan tentang perencanaan event, menyelenggarakan event, dan menekan risiko bencana dari pengelolaan potensi pariwisata di desa. “Dampaknya nanti langsung menyentuh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Ayub mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mengembangkan aplikasi media reka kreatif desa sebagai media untuk mempromosikan tempat wisata. ‘’Dapat diunduh di Playstore sehingga pengguna aplikasi tinggal mendownload,‘’ ungkapnya.

Menurutnya, potensi pariwisata membutuhkan publikasi agar di pelosok kampung sekalipun dapat dikenal luas. Bersamaan itu, masyarakat perlu mengelola dengan baik potensi yang ada desanya.
“Mampu menyebarluaskan potensi berikut menggelar event yang menarik perhatian karena perencanaan yang matang,” jelasnya.

Pelatihan tentang pengelolaan potensi pariwisata itu mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbudristek RI) yang sudi menggelontorkan dana senilai Rp 1,9 miliar.
‘’ini menjadi bagian dari proyek strategis dalam bidang keilmuan,’’ ujar Ayub. (Ddn// Sumber: Diskominfo Kabupaten Ponorogo)

Post Comment